Selasa, 11 April 2017

Indonesia-Malaysia Bahas Kerja Sama Pengamanan Selat Malaka

Jakarta, PenaOne -  Delegasi Indonesia yang dipimpin Direktur Operasi Laut Bakamla RI Laksma TNI Rahmat Eko Raharjo menghadiri pembahasan dan penandatanganan kerja sama pengamanan Selat Malaka dengan delegasi Malaysia yang dipimpin oleh Laksma Maritim Haji Oemar Lebai, di Putrajaya Malaysia, 5-6 April 2017 lalu.

Pertemuan yang dilaksanakan dalam rangka penguatan dan peningkatan kerja sama antar kedua negara khususnya tentang pengamanan di Selat Malaka tersebut membahas antara lain rencana operasi bersama yang melibatkan kedua negara.

"Selain itu, perlunya dilakukan sosialisasi bagi masyarakat pengguna laut terkait batas-batas negara agar pelanggaran wilayah oleh nelayan kedua negara yang disebabkan kurangnya pengetahuan dapat diminimalkan," kata Kasubbag Humas Bakamla RI, Kapten Marinir Mardiono dalam siaran pers yang diterima PenaOne.com Selasa (11/4/2017).

Kegiatan pengamanan bersama kedua negara nantinya dianggap penting untuk dapat memberikan efek deterance bagi pelaku kejahatan, sehingga diharapkan dapat mengurangi tingkat kejahatan di Selat Malaka dan menunjukkan eksistensi Indonesia dan Malaysia dalam kegiatan pengamanan laut.

Lanjutny, pertemuan diakhiri dengan penandatanganan kerja sama antara kedua belah pihak oleh masing-masing pimpinan delegasi.

Ia menambahkan, anggota delegasi Indonesia yang turut hadir dalam pertemuan tersebut berasal dari beberapa instansi maritim yaitu Direktur PSDKP KKP Goenaryo, A.Pi,M.Si., Kabid Operasi Zona Maritim Barat Bakamla RI Kombes Pol. Raden Prasetyo, Asops Guskamlabar Kolonel Laut (P) Jaya Darmawan, Kasubdit Kerma Ditpolair Kombes Pol Triyono Wibowo, Kasubdit Patroli Laut Ditjen Bea Cukai Untung Purwoko, Kasubdit Patroli dan Pengamanan KPLP Sugiharno Andreas.

"Ada juga Paban V/Kerkamtas Sops Mabes TNI Letkol Inf Cahyadi Imam Suhada dan Tim Sekretariat Tim Perancang Operasi (TPOM) Indonesia, Kasie Operasi Laut Bakamla RI Prabu Airlangga dan Kasie Logistik Operasi Laut Bakamla RI Kustriyani," jelasnya.

Sedangkan delegasi Malaysia beranggotakan antara lain perwakilan dari agensi Bea dan Cukai, Imigrasi, Kepolisian Air, Dinas Kelautan, Angkatan Udara Malaysia dan Angkatan Laut Malaysia serta sekretariat TPOM Malaysia yang dipimpin Commander Fauzi. (bian)