Wednesday, 19 April 2017

Lokasi TPS Rizieq Memilih Dipindah

Jakarta, PenaOne - Lokasi TPS 017 Petamburan, Jakarta Pusat, untuk pemungutan suara putaran kedua Pilkada DKI 2017, Rabu, dipindah ke lahan di samping gang menuju Gereja Bethlehem Indonesia (GBI) Petamburan di Jalan Petamburan IV.

Sebelumnya, pada putaran pertama yang berlangsung TPS 017 berlokasi di Jalan Petamburan III, tidak jauh dari Sekretariat Dewan Pengurus Pusat Front Pembela Islam.

TPS 017 juga merupakan tempat Imam Besar FPI, Rizieq Shihab, menunaikan hak pilihnya pada putaran kedua Pilkada DKI 2017.

Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) TPS 017, Heri, menyatakan pemindahan itu hanya untuk menghadirkan suasana baru untuk TPS tersebut.

"Tidak ada masalah apa-apa, ini cuma untuk ganti suasana saja," kata Heri saat ditemui di lokasi TPS 017.

"Sebelumnya kan tuan rumahnya RT 003 sekarang gantian di RT 001," ujar Heri menambahkan.

Di sisi lain, Heri menegaskan bahwa keputusan pemindahan lokasi TPS 017 diambil berdasar kesepakatan seluruh anggota KPPS.

"Keputusannya diambil setelah mendapat persetujuan seluruh anggota KPPS," ujarnya dikutip Antara.

Sebelumnya, pada putaran pertama di TPS 017 pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur nomor urut dua, Basuki Purnama-Djarot Hidayat (Ahok-Djarot), meraup suara terbanyak dengan 278 suara, disusul pasangan calon nomor urut tiga Anies Baswedan-Sandiaga Uno (Anies-Sandi) dengan 212 suara.

Sedangkan pasangan nomor urut satu Agus-Silvy mendapat 38 suara. Terdapat lima lembar surat suara yang tidak sah di TPS 017 Petamburan.

Pada putaran kedua, pasangan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi kembali akan bersaing dalam perebutan kursi DKI-1.  (ruli)