Rabu, 26 April 2017

Lumpur di Saluran Air Jl MH Thamrin Dikeruk

Jakarta, PenaOne - Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat melakukan normalisasi saluran di Jalan MH Thamrin, mulai dari pertigaan Jalan Sunda menuju Bundaran HI. Sebab sedimentasi di saluran tersebut sudah cukup tebal.

Kepala Seksi Pemeliharaan Suku Dinas Tata Air Jakarta Pusat, Boris Karlop Lumbangaol mengatakan, petugas cukup kesulitan melakukan pengerukan lumpur akibat dimensi saluran yang hanya berdiameter 80 sentimeter.

"Kalau dilihat memang saluran ini sudah tidak berfungsi, sedimen lumpurnya sudah penuh. Makanya kita lakukan pengurasan," ujarnya, dikutip beritajakarta Rabu (26/4/2014).

Menurutnya, sejak pengurasan 1 Maret 2017 lalu hingga kini sudah 150 meter kubik endapan lumpur yang dikeluarkan dari saluran. Sebanyak 20 petugas setiap hari melakukan pengerukan. Ditargetkan pengerukan lumpur dengan panjang saluran lebih dari 600 meter tersebut bisa selesai dalam dua bulan.

"Diharapkan mencegah terjadinya genangan di Jalan MH Thamrin. Kita juga siapkan satu unit pompa mobile untuk mempercepat pengerjaan," tandasnya. (bian)