Saturday, 8 April 2017

Mahfud MD Dipastikan Hadiri Sidang Dahlan Iskan Pekan Depan

foto-net

Jakarta, PenaOne - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2008-2013 Mahfud MD dipastikan akan menghadiri sidang mantan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (Meneg BUMN) Dahlan Iskan pada Kamis pekan depan di Pengadilan Tipikor Surabaya, Jawa Timur.

"Insya Allah saya akan hadir pada sidang pembacaan pledoi Kamis," kata Mahfud dalam akun twitter pribadinya @mohmahfudmd yang dilihat Redaksi PenaOne.com Sabtu (8/4/2017).

Dahlan Islan merupakan terdakwa kasus dugaan korupsi penjualan aset PT Panca Wira Usaha (PWU) Jawa Timur.

Menteri BUMN era pemerintahan Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu dituntut 6 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Surabaya.

Menanggapi tuntutan tersebut, Dahlan Iskan merasa menjadi incaran pihak tertentu, agar dirinya meringkuk di penjara. Padahal menurut Dahlan, ia tak menerima uang sepeser pun selama menjabat sebagai Dirut PT PWU pada 2002 lalu.

Kuasa hukum Dahlan Iskan, Yusril Izha Mahendra mengatakan, pihaknya menolak seluruh tuntutan JPU dan penolakan akan dituangkan dalam pledoi. "Intinya kami menolak semua dakwaan JPU karena tidak relevan. Kami melihat, dakwaan ini hanya berdasarkan kesaksian Sam Santoso, salah satu saksi yang tidak pernah dihadirkan dalam persidangan," tegasnya.

Yusril menambahkan, proses penjualan aset PT PWU sudah sesuai prosedur. Mulai dari persetujuan DPRD hingga Gubernur Jawa Timur. Bahkan, Gubernur Jawa Timur pada waktu itu pernah menyatakan bahwa PT PWU sudah menjadi perseroan sehingga harus tunduk kepada undang-undang perseroan.

"Ada surat dari gubernur yang menyatakan tidak memerlukan izin (Gubernur atau DPRD) karena tunduk kepada perseroan. Itulah hal-hal yang menjadi sikap kami," pungkasnya. (bian)