Monday, 17 April 2017

“Ora Ngiro Bu Ganjar Roso”

Grobogan, PenaOne - Bagaimana ya rasanya menyusuri Jalan Pahlawan Semarang hingga Stasiun Gubug Kabupaten Grobogan menggunakan sepeda onthel?

Itulah sensasi yang dirasakan istri Gubernur Jawa Tengah Hj Atikoh Ganjar Pranowo ketika mengikutiTouring Onthel Bareng Pak Ganjar sejauh 35 kilometer, Minggu (16/4/2017).

Dengan mengenakan kebaya lurik, ibu satu putera itu mengayuh sepeda buatan 1967 dengan kencang. Ibu satu putera itu bahkan menyalip suaminya, H Ganjar Pranowo SH MIP.

“Awalnya kemarin aku mau distart saja pake onthel karena merasanggak secure. Karena biasanya pakai sepeda sport yang ada oper-operannya. Begitu tadi nyoba, lha kokenak banget. Kan posisi kita duduk tegak. Terus ukurannya pas bangetdengan saya,” katanya

Atikoh mengaku benar-benar baru pertama kali mengendarai sepeda onthel. Sehingga, memberikan kesan tersendiri. Ditambah lagi nuansa masa lalu yang diusung Komunitas Sepeda onthel Indonesia (Kosti), membuatnya seolah bernostalgia pada zaman kakek neneknya.

“Nuansanya kan nuansa masa lalu, nuansa antik. Jadi nilai fun-nya banyak. Mereka pakai kostum juga kan. Ada yang bergaya Jepang, Belanda, Diponegoro. Kalau biasanya saya nyepeda itu benar-benar untuksport, kali ini nuansa fun-nya jadi luar biasa,” aku Ketua TP PKK Jawa Tengah itu.

Sementara itu, Gubernur Ganjar Pranowo yang mengayuh sepeda buatan 1928 berpendapat, nuansa kuno yang dihadirkan Kosti menunjukkan rasa cinta komunitas pada Indonesia. Di samping itu, menjadi salah satu cara untuk membangun kerukunan.

“Ini adalah spirit bagaimana kita mencintai bangsa dan negara. Salah satunya ditunjukkan dari baju tradisionalnya. Saya senang, teman-teman gowes, bisa rukun. Selalu guyub dan rukun untuk Jateng dan Indonesia,” pesan dia.

Menurut Ketua Komunitas Sepeda Onthel Potro Demak yang juga tergabung dalam Kosti, Tony Setiawan, kegiatan bersepeda sebenarnya sudah diselenggarakan secara rutin oleh Kosti.

Namun, dikutip jatsngprov.gi.id kegiatan kali ini terasa lebih istimewa. Sebab, Gubernur Ganjar Pranowo dan istri berkenan bergabung mengikuti aktivitas mereka. Dia pun kagum dengan kekuatan Gubernur Ganjar Pranowo dan istri dalam mengayuh sepeda. Sebab, sepeda onthel yang dikayuh berat, tidak seperti sepeda sport.

“Ora Ngira Pak, Bu Ganjar rosa,” selorohnya.

Karena mampu menyelesaikan jarak 35 kilometer dengan baik menggunakan sepeda onthel, Ganjar dan istri memeroleh pin jendral kosti. (tan)