Kamis, 06 April 2017

Pakde Karwo Ajak TNI Ciptakan Budaya Guyub Rukun

Jatim, PenaOne - Gubernur Jawa Timur, H Soekarwo berpesan kepada pasukan TNI yang bertugas di TMMD agar dapat menciptakan budaya rukun, guyub, dan gotong royong di tengah-tengah masyaraka di Jatim.

"Saya berharap kepada petugas TNI dapat menciptakan budaya rukun, guyub, dan gotong royong, karena budaya tersebut merupakan warisan dari para pendahulu atau para pahlawan dalam menjaga keutuhan NKRI. Bukan malah menciptakan budaya tanding," tegas Pakde Karwo ditemui usai Pembukaan TMMD ke-98 di Tuban, Rabu (5/4/2017).

Dikatakannya, TNI harus mengedepankan dialog serta kumpul bersama masyarakat desa untuk merumuskan dan membahas serta merencanakan program kerja serta gotong royong dalam setahun.

 “Budaya guyub dan gotong royong sesuai dengan tema TMMD ke-98, yang harus dibangun dan dihidupkan kembali agar ke depan masyarakat kita tahu dan mengerti apa yang dinamakan demokrasi, bukan budaya tanding,” tegasnya.

Pakde juga menyampaikan, dilansir jatimprov, kedekatan TNI dan masyarakat ini merupakan nilai positif bagi prajurit, dan juga membawa kesejahteraan bagi masyarakat. "Kedekatan TNI dan masyarakat tetap harus dijaga agar masyarakat tetap aman, guyub, dan rukun. Dan kedekatan TNI dan Masyarakat baru pertama di dunia, di negara lain tidak ada seperti TNI di Indonesia," ujarnya.

Pangdam V Brawijaya, Mayjen I Made Sukadana mengatakan, pasukan TNI yang bertugas di TMMD ini juga dibekali ilmu di bidang pendidikan, kesehatan, sosial, bela negara dan lain-lain.

"TNI Manunggal Membangun Desa ini tidak hanya menggarap fisik saja, tetapi non fisik. Agar dapat menjaga keutuhan NKRI," kata dia. (nyu)