Minggu, 23 April 2017

Zidane dan Luis Enrique Kejar Rekor Pribadi

Madrid, PenOne - Laga Real Madrid kontra Barcelona, di Stadion Santiago Bernabeu, Minggu (23/4/2017) atau Senin (24/4/2017) dini hari WIB, tak hanya sekadar persaingan antar-pemain di lapangan. Dua ahli strategi, Zinedine Zidane (Real Madrid) dan Luis Enrique Martinez (Barcelona), bakal beradu keahlian.

Pada pertandingan lanjutan La Liga 2016-2017 tersebut, persaingan Zinedine Zidane dan Enrique bakal terlihat. Andai menang, keduanya bakal menciptakan rekor anyar sepanjang sejarah klub.

Zinedine Zidane tak pernah terkalahkan dalam dua laga terakhir El Clasico saat berstatus pelatih Real Madrid. Zidane mengoleksi catatan sekali menang dan sekali seri. Ia akan membuat rekor pribadi jika Real Madrid tak kalah.

Rekor sebelumnya tercipta atas nama Radomir Antic, yakni tiga laga beruntun di pentas El Clasico, tak pernah kalah. Antic melakukan itu pada 1992, dengan hasil sekali menang dan dua seri.

Zidane melakukan debut El Clasico sebagai pelatih pada 3 Desember 2016. Laga yang berlangsung di Estadio Camp Nou tersebut berakhir imbang 1-1. Barcelona unggul lebih dulu via Luis Suarez pada menit ke-53. Sergio Ramos menjadi penyelamat muka Real Madrid setelah menjebol jala El Barca pada menit ke-90.

Laga kedua Zidane di level La Liga terjadi pada 2 April 2016. Kala itu, Zidane membawa anak asuhnya mencatat sensasi berkat kemenangan 2-1 di Camp Nou. Gol-gol Real Madrid lahir via Karim Benzema pada menit ke-62 dan Cristiano Ronaldo (85'). Satu-satunya gol Barcelona terjadi pada meni ke-56 melalui bek tengah, Gerard Pique.

Rival Zidane, Luis Enrique juga tak ingin kalah. Andai menaklukkan Real Madrid di Stadion Santiago Bernabeu, sang entrenador akan menjadi pelatih kedua Barcelona yang mampu melakukan back to back.

Sebelumnya, Josep Guardiola sukses meraih dua kemenangan beruntun di Bernabeu. Guardiola membawa Barcelona unggul 6-2 (2/5/2009). Kala itu, enam gol tim tamu berasal dari Thierry Henry pada menit ke-18 dan 58, Puyol (20'), Lionel Messi (36', 75') dan Gerard Pique (83'). Sepasang gol Real Madrid dicetak Gonzalo Higuain (14') dan Sergio Ramos (56').

Selang setahun kemudian, Guardiola kembali memberi kemenangan untuk Barcelonistas kala berlaga di Bernabeu. Kali ini Barcelona unggul 2-0 berkat gol Lionel Messi pada menit ke-32 dan Pedro Rodriguez (55').

Luis Enrique membawa Barcelona mempermalukan Real Madrid di Bernabeu pada 21 November 2015. Saat itu, Barcelona unggul 4-0. Empat gol yang merobek jala Real Madrid berasal dari aksi Luis Suarez pada menit ke-11 dan 75', Neymar (35') serta Andres Iniesta (56').

Berbekal data-data tersebut, perang strategi antara Zinedine Zidane dan Luis Enrique Martinez, menjadi bagian yang tak boleh terlewatkan. Dua pelatih muda tersebut bakal memberi kejutan pada lawan, yang membuat tensi El Clasico semakin panas. (bian)

Sumber: Marca.com