Senin, 15 Mei 2017

42 Orang Pasis Seskoal "Berguru" ke Tanjungpinang dan Bintan

Tanjungpinang, PenaOne - Sebanyak 42 orang Pasis Perwira Siswa Dikreg Seskoal Angkatan-55 melaksanakan Kulia Kerja Nyata Dalam Negeri (KKDN) dan Forum Strategi II tiba di Tanjungpinang Senin (15/5/2017).

Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Perwira Siswa Dikreg Seskoal Angkatan-55 selama di Tanjungpinang yang dimulai Senin 15 sampai dengan 24 Mei mendatang diantaranya Kunjungan di Lantamal IV, Korem 033/WP, Lanud RHF, Lanudal, Wing Udara 2, Polda Kepri, Satrad, Pertamina Tanjung Uban, PT KAS, PT Palindo Marine dan Pemprov Kepri.

Sedangkan beberapa desa yang akan dijadikan tempat sasaran pengambilan data penelitian oleh para Pasis Dikreg Seskoal Angkatan-55 diantaranya Desa Kawal, Desa Berakit, Desa Sungai Kecil Lagoi sekaligus para Pasis akan dilaksanakan beberapa penyuluhan kepada masyarakat setempat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi, Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, Pengabdian kepada Masyarakat.

Maksud dan tujuan kegiatan Forum Strategi II (FS II) merupakan kelanjutan dari rangkaian Seminar Forum Strategi I yang telah dirumuskan sebelumnya dengan tema “Analisis Perkembangan Lingkungan Strategis di ALKI Alur Laut Kepulauan Indonesia I Guna Menentukan Ancaman 5 Tahun kedepan (2017-2021) Serta merumuskan Strategi Pertahanan Negara di Laut”.

Untuk itu Forum Strategi II ini adalah bagian dari program Pendidikan Pasis Dikreg Seskoal Angkatan-55 untuk mengumpulkan data dan informasi aktual tentang potensi sumber daya maritim di daerah yang akan dikunjungi sehingga menjadi bahan analisa dalam pembuatan makalah Forum Strategi II.

Sementara itu topik yang diangkat kali ini adalah “Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Nasional di Tanjungpinang (Provinsi Kepulauan Riau) Guna Mendukung Pertahanan Negara di Laut dalam Rangka Menegakkan Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Hari pertama Rombongan tiba di Tanjungpinang para Perwira Siswa Dikreg Seskoal Angkatan-55 mendapat pengarahan dari Danlantamal IV Kolonel Laut (P) R.Eko Suyatno,S.E,M.M. berlangsung di Ruang Serbaguna Yos Sudarso Mako Lantamal IV.

Beberapa materi yang disampaikan oleh Danlantamal IV diantaranya Tugas Pokok Lantamal IV, serta penjelasan tentang Potensi dan letak strategis dari wilayah Kepulauan Riau yang berbatasan beberapa Negara tetangga diantaranya Singapura, Malaysia dan Vietnam.

Selain itu Danlantamal berpesan agar sebelum terjun kemasyarakat beberapa hal yang mendapat penekanan dari Danlantamal IV kepada pasis Seskoal diantaranya bahwa kondisi Masyarakat Tanjungpinang (Kepulauan Riau) dipengaruhi oleh budaya suku Melayu dan etnis Tionghoa selain itu Budaya Masyarakat Tanjungpinang juga dipengaruhi oleh budaya umat Islam yang Religius.

"Untuk itu perhatikan budaya dan adat istiadat setempat agar tidak salah dalam melangka, selain itu jaga tingkah laku dan cara bersikap selama berada di tengah masyarakat Tanjungpinang dan selalu menjunjung etika dan sopan santun," ujarnya.  (bian)

Penulis: Aulia