Rabu, 03 Mei 2017

Alex Noerdin Termangu-mangu di Makassar

Makassar, PenaOne - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto membuat Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin terkesan dengan War Room Makassar.

Gubernur Alex Noerdin berkunjung ke Makassar tak sendirian, dirinya didampingi Wali Kota Palembang Harnojoyo, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Agung Budi Maryoto, dan Kepala Staf Kodam II Sriwijaya Brigjen TNI Marga Taufiq.

"Kota Makassar luar biasa. Tidak ada kota lainnya di Indonesia yang memiliki sistem platform (war room) selengkap ini," sanjung Gubernur Alex Nordin di Makassar hari ini.

Kecanggihan teknologi War Room Makassar menginspirasi Gubernur Alex Noerdin mereplikasi sistem serupa untuk dimanfaatkan di Sumatera Selatan. Ia menginstruksikan jajaran provinsi, kabupaten, dan kota di Sumatera Selatan datang ke Makassar belajar bagaimana Wali Kota Makassar Danny Pomanto berhasil mensejajarkan dirinya dengan kota - kota dunia.

"Makassar sangat terhormat menerima kunjungan dari bapak gubernur. Beliau (Alex Noerdin) termasuk gubernur legenda di Indonesia yang dinilai berhasil dan berprestasi," ungkap Wali Kota Danny.

Ia menuturkan War Room Makassar tidak hanya berfungsi dalam memantau kemanan kota. Lebih dari itu, War Room juga mampu memantau jalannya program strategis pemerintah kota Makassar seperti Home Care (Dottoro ta), Tangkasaki (Truk Angkutan Sampah kita), Jaga Kota, dan Call Center 112.

Terintegrasi seluruh sistem itu, membuat Gubernur Alex Noerdin tak putusnya mengagumi kecanggihan teknologi War Room Makassar. Sepulang dari Makassar, Ia segera membangun sistem serupa di Sumatera Selatan dan mengirimkan utusan untuk mempelajari lebih dalam platform War Room Makassar.

"Kota-kota di masa depan di seluruh dunia memang harus seperti ini. (Makassar) harus kita contoh," kagum Alex.

Ia mengatakan sangat terkesan dengan sistem yang berhasil dibangun Wali Kota Danny, banyak hal yang dapat diadopsi Sumatera Selatan dari Makassar, "Kita belajar di Makassar, kita bikin yang lebih baik," tekad Gubernur Alex.

Gubernur Sumatera Selatan dua periode itu menyebut Wali Kota Danny sebagai figur yang visioner sekaligus seorang konseptor yang mampu membangun sistem platform War Room yang canggih dan terintegrasi dengan seluruh program strategis pemerintah kota. (jalal/adi)