Wednesday, 31 May 2017

Andar Ancam Laporkan 5 Komisioner KPK

Jakarta, PenaOne - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta terus fokus dalam menjalankan penegakan hukum berupa pemberantasan korupsi.

Lima pimpinan KPK juga diminta menuntaskan berbagai kasus yang telah dilaporkan masyarakat yang selama ini tidak ketahuan ujung pangkalnya.

Demikian dikatakan Direktur Eksekutif LSM Govermen Agains Coruption and Discrimination (GACD) Andar Situmorang.

"Kami sudah melaporkan 4 dugaan korupsi ke KPK sejak tahun 2011 hingga sekarang. Namun, tak satupun laporan kami ditindak lanjuti," kata Andar di Jakarta Rabu (31/5/2017).

Empat laporan yang sudah dilaporkan ke KPK itu, menutut Andar yakni dugaan korupsi  e-KTP senilai Rp 2,9 triliuan, dugaan korupsi pengadaan baju hansip di Depdagri sebesar Rp520 Miliar, pengadaan gerbong keteta api yang diduga melibatkan Hatta Radjasa senilai Rp750 Miliar dan dugaan korupsi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang kala itu dijabat Anies Baswedan senilai Rp146 Miliar.

"Ingat, lima Komisioner KPK juga bisa kita laporkan atas dugaan penyalahgunaan wewenang dan kejahatan jabatan. Bisa diancam pasal 421 KUHP atau pasal 9 dan UU Tipikor," tegas Andar. (tim redaksi)