Jumat, 12 Mei 2017

Lyon Hajar Ajak 3-1

Jakarta, PenaOne - Meski dihajar Olympique Lyon 3-1, Ajax sudah punya modal untuk melenggang ke partai puncak Liga Europa berkat keunggulan 4-1 di leg pertama.

Comeback fantastis Olympique Lyon di Parc Olympique berakhir tragis. Menumbangkan Ajax 3-1, akan tetapi utusan Belanda itu berhak melaju ke final Liga Europa.

Pasalnya di leg pertama Ajax sudah unggul 4-1, sehingga skor agregat 5-4 memastikan raksasa Eredivisie ini merangsek ke partai puncak kompetisi kasta kedua Eropa itu.

Di babak final, seperti dikutip goal.com Ajax akan ditantang Manchester United, yang juga baru saja menyingkirkan Celta Vigo dengan skor agregat, 2-1.

Jalannya pertandingan

Dengan keadaan unggul agregat 4-1, Ajax memulai pertandingan dengan penuh percaya diri. Tim tamu sukses kian membungkam publik tuan rumah saat pertandingan memasuki menit ke-27.

Berawal dari pergerakan Amin Younes yang menemukan Kasper Dolberg, nama terakhir tak menyia-nyiakan kesempatan dengan meceploskan gawang Lyon untuk memecahkan kebuntuan pertandingan. 1-0 Ajax kian menjauh secara agregat.

Lyon menyeimbangkan skor beberapa saat sebelum wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama. Tuan rumah dihadiahi tendangan penalti setelah terjadi pelanggaran di area terlarang. Alexandre Lacazette sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Dalam keadaan berimbang, secercah asa menyelimuti anak-anak Bruno Genesio. Hanya berselang semenit atau tepatnya di masa tambahan waktu babak pertama, Lacazette kembali mencatatkan namanya di papan skor untuk kali kedua.

Kreasi Nabil Fekir memudahkan Lacazette mencetak gol keduanya sekaligus membalikkan keadaan. Paruh pertama pun ditutup dengan kenggulan 2-1 Lyon.

Selepas interval, Lyon habis-habisan mengepung pertahanan Ajax. Harapan semakin membumbung tinggi ketika laga menginjak menit ke-81. Rachid Ghezzal mengemas gol setelah mengonversi umpan matang Maciej Rybus.

Agergat sekarang 5-4, Lyon butuh satu gol lagi. Tekanan kian menerpa deras bagi anak-anak Peter Bosz ketika Nick Viergever diganjar kartu kuning untuk kedua kalinya, artinya dia harus meninggalkan lapangan.

Beruntung, di sisa waktu yang sempit, Ajax yang minus satu pemain, mampu mempertahankan kekalahan 3-1 untuk menghindari potensi laga dilanjutkand di extra-time sekaligus menyegel tiket ke final Liga Europa. (parlin)