Minggu, 07 Mei 2017

Pedemo Usir Gubernur Kalimantan Barat dari Serambi Mekah

Aceh, PenaOne - Aksi unjuk rasa mengusir Gubernur Kalimantan Barat Cornelius dari bumi serambi mekah digelar di hotel Hermes Palace tempat dimana Gubernur Kalimantan Barat, menginap digelar kemarin Sabtu (6/5/2017).

Aksi pengusiran Cornelis itu merupakan buntut dari aksi pengusiran pemimpin Front Pembela Islam (FPI) ketika hendak mendarat di bandara udara (bandara)  di Kalbar beberapa waktu lalu untuk mengisi kegiatan keagamaan.

"Bumi Aceh haram diinjak oleh siapapun yang benci kepada ulama dan Islam termasuk Cornelis. Kami minta kepada gubernur Kalbar untuk segera angkat kaki dari Aceh sebelum kami akan mengusir paksa," kata salah satu peserta aksi dalam orasinya.

Massa pengunjuk rasa mendesak  pihak hotel agar mengeluarkan Cornelis dari tempatnya menginap. Karena Cornelis dinilai telah mengusir uama yang datang untuk berceramah di Kalimantan Barat beberapa waktu lalu.

Setelah didesak demonstran, akhirnya pihak hotel Hermes memberikan keterangan kepada peserta aksi, jika Gubernur Kalimantan Barat itu sudah check out sekitar pukul 12.00 WIB.

"Sudah chek out," kata pengelola hotel sembari memperlihatkan surat tanda check out kepada para demonstran.

Cornelis datang ke Aceh untuk menghadiri acara pembukan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas-KTNA) XV di Stadion Lhong Raya, Banda Aceh, hari ini, Sabtu (6/5). Kegiatan akbar yang dihadiri sekitar 35.000 peserta dari seluruh Indonesia itu berlangsung dari 6-11 Mei 2017, yang  dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Penolakan terhadap Cornelis muncul setelah publik dihebohkan oleh pidato Gubernur Kalbar itu yang dinilai bernada provokatif dan penuh dengan muatan SARA di suatu cara di Kalbar.

Tak hanya para demonstran, seperti dikutip reportaseglobal.com protes terhadap Cornelis sebelumnya juga memanaskan jagat maya, Netizen beramai - ramai mengutuk Cornelis yang diduga mendalangi pengusiran seorang ulama yang datang ke Kalbar. (bian)

Penulis: Muhammad Abubakar