Saturday, 3 June 2017

Dirreskrimum dan Kepala SPN Polda Kepri Dimutasi

Tanjungpinang, PenaOne – Sejumlah Perwira Tinggi (Pati) berpangkat Jenderal, Perwira Menengah (Pamen) dan Kapolres Se-Indonesia dirotasi dan dimutasi jabatannya.

Ada yang digeser dalam rangka pensiun, dipromosikan dalam jabatan baru. Di Polda Kepulauan Riau, Kombes Pol Eko Puji Nugroho SIK NRP 70090399 Direskrimum Polda Kepri diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabagbinlat Ditbintarlat Akpol Lemdiklat Polri.

Jabatan Dirreskrimum Polda Kepri diisi oleh Kombes Pol Lutfi Martadian SIK, SH, MH NRP 70030350 dari dosen utama STIK Lemdikpol.

Kombes Pol Kristiaji SIK NRP 72030430 Kepala SPN Polda Kepri dipromosikan jabatan baru sebagai Dirreskrimum Polda NTB.

Jabatan baru Kepala SPN Polda Kepri diisi oleh Kombes Pol Octo Budhi Prasetyo SIK NRP 71100449 dari gadik utama sespima Sespim Polri Lemdikpol.

Berdasarkan data yang diperoleh Redaksi  Sabtu (3/6/2017) sesuai Surat Telegram Kapolri bernomor ST/1408/VI/2017 dengan salinan 11 halaman, Gubernur Akademi Kepolisian (Akpol) Irjen Anas Yusuf termasuk salah satu pejabat yang dimutasi.

Ada sekitar 109 Perwira terbaik Polri dari pangkat Jenderal, Kombes hingga AKBP masuk gerbong mutasi, diantaranya:

Irjen Pol Anas Yusuf digeser menjadi analis utama bidang Bindiklat Lemdiklat Polri. Posisinya sebagai Gubernur Akpol digantikan Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel yang sebelumnya menjabat Kapolda Sumatera Utara.

Posisi Kapolda Sumut selanjutnya diisi oleh Irjen Pol Paulus Waterpau yang sebelumnya menjabat Wakabaintelkam Polri.

Pergeseran Kapolda juga terjadi di Maluku Utara. Brigjen Pol Tugas Dwi Apriyanto dimutasi dalam jabatan baru sebagai Staf Ahli bidang Sosial Budaya Kapolri.

Posisi Kapolda Maluku Utara kini dijabat oleh Brigjen Achmat Juri yang sebelumnya menjabat Pati SSDM Polri.

Irjen Pol Arief Sulistyanto M.Si AS SDM Kapolri mengatakan, mutasi ini merupakan penyegaran dan promosi di tubuh Polri. "Selain itu ada Perwira Tinggi yang akan masuk pensiun," ungkap mantan Kapolres Tanjungpinang. (aulia/bilal)