Sabtu, 17 Juni 2017

Pembawa Bom Ditangkap di Bandara Ende

Ende, PenaOne Seorang pelaku pembawa bahan peledak ditangkap petugas saat melakukan check-in di Bandara HJ Hasan Aroebusman Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (15/6/2017) pagi.

Pelaku diamankan, setelah petugas bandara menemukan benda yang diduga bom dalam koper pelaku.

”Ketika x-ray membaca bahwa ada penemuan bahan peledak, petugas bandara langsung melaporkan kepada polisi yang bertugas di bandara,” jelas Brigadir Polisi, Aldo Netra, Pelatih Operator Satu Penjinakan Bom Kompi 3 Ende.

Setelah kejadian itu, KP3 Bandara HJ Hasan Aroebusman Ende langsung melaporkan ke Polres Ende. Selanjutnya, Polres Ende merespon cepat dengan menyampaikan kejadian ini kepada satuan Brimob Ende.

Mendapat laporan tersebut, anggota satuan Brimob Kompi B langsung bergegas menuju Bandara HJ Hasan Aroebusman Ende.

“Dari hasil observasi di TKP, khususnya di metal detektor x-ray, ternyata benda itu sudah memiliki empat unsur, di antaranya ada piest, power, inisiator, inklusif dan ada pula swit. Setelah dianalisa, benda itu murni bom jenis timer, dengan kategori low explosive,” urai Aldo.

Dalam waktu singkat, tim satuan Kompi B Brimob Ende langsung melakukan evakuasi pelaku ke luar areal bandara. Meski bom itu berkategori low explosive, polisi tetap melakukan deteksi dan sterilisasi di seluruh area bandara.

Lalu bagaimana dengan bomnya? Bom tersebut tidak meledak, karena kejadian ini hanya sebatas rangkaian kegiatan simulasi penangkapan terhadap pelaku pembawa bom di Bandara HJ Hasan Aroebusman Ende.

Menurut Kepala Bandara HJ Hasan Aroebusman Ende, Fuaddani, sebelum menjalankan kegiatan simulasi tersebut, pihaknya telah mengikuti prosedur yang ada. Simulasi tersebut dilakukan untuk melatih kesiapan petugas dalam keadaan darurat. (Efraim Mbomba R/bilal)