Tuesday, 18 July 2017

7 Pemain Bakal Tersingkir dari Timnas U-16

PELATIH tim nasional (timnas) Indonesia U-16 Fakhri Husaini bakal melakukan evaluasi besar-besaran, setelah timnya gagal di Piala AFF U-15 2017. Seperti diketahui, Indonesia U-16 hanya mampu finis di peringkat kelima klasemen grup A dengan nilai empat dari lima laga yang telah dijalani.

Fakhri pun merasa tak puas dengan performa para pemainnya di turnamen ini. Menurutnya, performa tim Garuda Asia tak seperti yang biasa mereka tunjukkan ketika bertanding sebelum Piala AFF U-15. Imbasnya, dia akan menerapkan promosi-degradasi pemain setelah ini. Mengingat, setelah ini mereka akan menghadapi Pra Piala Asia U-16 2018 di Thailand, September nanti.

"Minimal, saya akan pulangkan tujuh pemain, bisa jadi lebih dari itu. Hampir semua posisi bakal ada yang tak akan dipanggil lagi. Mulai dari posisi penjaga gawang, belakang, tengah, sayap, serta depan," ucap Fakhri.

Lebih lanjut, eks kapten timnas Indonesia itu pun mengungkapkan beberapa faktor yang menjadi kelemahan timnya di Piala AFF U-15 kali ini. Dia menuturkan, masalah mental menjadi masalah yang paling mendasar di timnya.

"Banyak sekali terjadi kesalahan-kesalahan yang justru mendasar, seperti kesalahan penempatan posisi, begitu juga masalah mental. Ketika beberapa pemain yang saya harapkan tampil baik saya berikan kesempatan, tapi mreka tak bisa mengangkat performa tim. kalau dari fisik saya merasa tak ada masalah, karena sampai pertandingan terakhir tak ada pemain kami yang kram," jelasnya.

Maka itu, saat melakukan pencarian pemain baru nanti, Fakhri bakal mencari pemain yang memiliki mental kuat dan tentunya juga disertai fisik, teknik, dan pemahaman taktik yang bagus.

"Kemungkinan saya akan seleksi pemain dari tim yang berangkat ke Gothia Cup tahun ini, kemudian saya akan memantau pemain dari Diklat Ragunan, dan dari tim pelajar Kemenpora. Saya mau tak mau harus mencari pemain yang saat ini sedang dalam fase bertanding, sehingga secara fisik tak ketinggalan dengan pemain yang sudah ada," pungkasnya.

Rencananya, seperti dikutip goal.com, rombongan timnas Indonesia U-16 akan tiba kembali di Tanah Air pada, Selasa (18/7) malam, melalui bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten. Selanjutnya, para pemain akan dipulangkan ke daerah masing-masing. (bahar)