Monday, 24 July 2017

Benar Gak Sih Mak Mak Mampu Tangkal Berita Hoax

Nyonya Irene Fauzi Dalimunte.@Alam
Jambi, PenaOne - Segelintir orang kini sudah memanfaatkan kemajuan teknologi melalui media sosial (medsos) untuk menyebarkan informasi yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya alias hoax.

Pemerintah sendiri melalui aparat terkait sudah mulai mengamati berita hoax yang disebar ke medsos  dan berpengaruh buruk, peduli akan maraknya penyebaran berita hoax, beberapa kaum muda Jambi mulai berpikir kearah positif dengan membentuk suatu komunitas "Generasi Anti Hoax".

Ketua Bhayangkari Cabang Kota Jambi yang juga istri Kapolresta, Nyonya Irene Fauzi Dalimunte mempunyai pendapat yang unik dalam menangkal berita hoax.

Menurut Irene selain komunitas, peran seorang ibu dalam mengarahkan anak merupakan kekuatan yang besar dalam upaya menanggal terkait hoax yang selama ini berseliweran.

"Dibhayangkari kami juga turut mengingatkan anggota agar memberikan pemahaman di keluarga terutama anak untuk selektif terhadap media sosial. Saya rasa itu lebih kuat, the power of emak.. emak bahasanya sekarang ini," tutur Irene sembari tertawa Senin 24 Juli 2017.

Sementara itu, pengagas Generasi Hoax Jambi Geni Waseso dalam dialog Interaktif di RRI Jambi mengungkapkan terbentuknya komunitas ini tidak lain untuk mengarahkan generasi muda untuk lebih mencerna informasi yang disebar melalui medsos.

"Kita tahu pengguna media sosial didominasi para generasi muda. Jadi niatan membuat komunitas ini agar mereka mau dan dapat lebih kritis dalam mencerna suatu informasi," kata Geni. (alam/tan)