Monday, 31 July 2017

DPP Hanura Desak Dandim 0303 Bengkalis Dicopot

Jakarta, PenaOne - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) mendesak Komandan Distrik Militer (Dandim) 0303 Bengkalis Letkol Inf Rizal Faizal dicopot dari Jabatannya.

Partai besutan Wiranto tersebut geram atas perilaku Dandim 0303 Bengkalis yang diduga telah menganiaya kader partai Hanura dari DPC Kabupaten Bengkalis bernama Yusri saat hadir dalam sidang istimewa Paripurna Hari Jadi Bengkalis ke 505, Minggu (30/7) di Gedung DPRD Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

"DPP Hanura akan melakukan bantuan hukum terhadap kader kami yang dianaiaya di Bengkalis itu," kata Wakil Sekjend DPP Partai Hanura Sayed Junaidi Rizaldi dalam siaran pers yang diterima Redaksi PenaOne.com Senin (31/7/2017).

Menurut dia, pihaknya sudah berkoordinasi dengan organ sayap partia Hanura, Lasmura (Laskar Muda Hanura) untuk melakukan upaya hukum selanjutnya. Kami siap mengajukan tuntutan hukum terhadap Dandim 0303 Bengkalis," tegas Sayed.

Saat ini kata dia, pihaknya masih menunggu perintah Ketua umum DPP Partai Hanura kapan waktunya melakukan upaya hukum itu.

"Tinggal tunggu perintah saja. Kapan pun kami siap melakukan upaya hukum," jelasnya.

DPP Partai Hanura juga meminta Dandim 0303 segera dicopot dari jabatannya karena telah mencoreng nama baik TNI.

Masih menurut Sayed, sikap yang ditunjukkan Damdim 0303 tersebut tidak mencerminkan sikap prajurit Sapta Marga yang seharusnya melindungi rakyat .

"Harusnya dia malu. Seorang Dandim dengan mengenakan teluk belanga (pakaian adat) orang melayu tetapi melakukan tindakan arogan terhadap rakyat," kata aktivis '98 ini.

Menurutnya, panglima TNI Gatot Nurmantyo dalam berbagai kesempatan selalu berpesan agar prajurut TNI jangan besikap arogan dan melindungi rakyat.

"Kenapa sikap arogan itu justru dilakukan oleh anggota TNI kepada kader Hanura," ungkapnya.

Sebelumnya, diberitakan sejumlah media masa peristiwa dugaan penganiayaan itu diduga dilakukan oleh Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Rizal Faizal karena kesal dirinya dilihat oleh Yusri disela-sela sidang paripurna di kantor DPRD Kab Bengkalis. (tim redaksi)