Sunday, 9 July 2017

Indonesia Myanmar Imbang 2-2

TIM nasional Indonesia U-16 gagal berpesta ke gawang Myanmar U-16, yang pernah mereka kalahkan pada turnamen di Vietnam, 4-1. Myanmar mampu mengejutkan Garuda Asia pada laga pembuka Piala AFF U-15, di Stadion Chonburi Campus, Minggu (9/7).

Gol cepat Indonesia melambungkan asa, sayangnya timnas Myanmar mampu menggigit balik dengan dua gol beruntun. Gol dari pemain pengganti pada pengujung laga pun akhirnya menyelamatkan wajah Indonesia pada laga pertama, dari kekalahan.

Babak Pertama

Timnas Indonesia U-16 dikutip goal.com membuka laga dengan meyakinkan lewat aksi Rendy Juliansyah. Lewat skema tendangan penjuru yang diselesaikan Rendy, timnas U-16 mampu unggul pada menit ketiga atas Myanmar U-16.

15 menit pertama masih jadi milik skuat arahan Fakhri Husaini, Rendy pun berulang kali jadi momok bagi Myanmar. Sayang, pada menit 10' Rendy gagal mengonversi peluang menjadi gol. Sementara Myanmar bermain hati-hati.

Pada menit ke-21, Rendy sudah berhadapan dengan penjaga gawang Myanmar, sayangnya gagal menyelesaikan peluang tersebut. Malah, Myanmar yang berhasil mencetak gol penyama lewat penalti dari N Soe.

Gol tersebut lahir pada menit 28' dan celakanya gol tambahan langsung dibuat oleh Myanmar lewat LM Htwe. Skor 2-1 untuk Myanmar berakhir hingga paruh pertama usai, Indonesia lebih banyak buang peluang meski cukup bagus.

Babak Kedua

Fakhri Husaini melakukan pergantian pemain secara masif, tiga pemain langsung masuk demi menambah daya gedor tim yang tengah tertinggal. Althaf digantikan Bagus, Kartika digantikan Yadi Mulyadi dan Reza digantikan Fadillah.

Upaya terus dilakukan awak Garuda Asiai untuk mencetak gol, salah satunya lewat Miftahul Husen pada menit ke-53, yang sayangnya belum berbuah gol. Sepuluh menit kemudian, Myanmar malah nyaris menambah gol, untung saja kandas.

Segala upaya serangan dilakukan Indonesia, termasuk glancing header dari Rendy Juliansyah pada menit ke-71 yang sayangnya meleset dari gawang Myanmar kawalan Htet. Myanmar sendiri mengandalkan serangan balik 10 menit akhir.

Waktu normal 80 menit sudah berakhir, wasit memberikan waktu tambahan empat menit. Hal itu bisa dimaksimalkan Indonesia, gol telat dari Husen menyelamatkan Indonesia dari kekalahan. Tendangan cantiknya tak bisa dibendung kiper Myanmar dan laga berakhir 2-2.

Susunan Pemain

Myanmar: Htet; Kyaw, Z Htet, L Htet, YK Soe, Z Hein; M Htwe, Aung, YN Lin, NN Soe, MC Zaw.

Indonesia: Ahludz; Bagas, Rusadi, Vedhayanto, David, Brylian, Rendy, Althaf, Valentino, Reza, Andre. (bian)