Saturday, 8 July 2017

PIKI Diharap jadi Motor Wujudkan Cita-cita Bangsa

Jakarta, PenaOne - Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI) menggelar Rapat Kerja Nasional dan Kongres Luar Biasa (Rakernas dan KLB) di  Merlyn Park Hotel, Jakarta Pusat, 7-9 Juli 2017.

Ketua Umum DPP PIKI Baktinendra Prawiro MSc, MHum menegaskan, PIKI mengindentifikasi diri sebagai organisasi inteligensia yang mengedepankan intelektualitas dan bobot akademik serta berlandaskan nilai-nilai Kristiani dalam merespon perubahan serta  mendorong gagasan-gagasan perubahan.

Agar terus “berpijak di bumi”, PIKI perlu melakukan inward looking sehingga dapat memberi pengaruh dan dampak bagi lingkungannya secara kontekstual.

“PIKI diharapkan bisa bergerak menjadi aktor utama bersama komponen bangsa lainnya dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan Indonesia sesuai cita-cita proklamasi kemerdekaan,” ujar Bakti di Jakarta, Jumat (7/7).

Demi maksimalnya insiatif dan peran tersebut, maka PIKI perlu melakukan reposisi bahkan reinventing kehidupan kelembagaannya.

PIKI lanjutnya, telah lahir sejak tahun 1963 dan sempat mengalami pasang surut organisasi di tengah perubahan lingkungan ornganisasi yang begitu cepat. Oleh karena itu itu  dalam mengemban amanat organisasi yang diberikan oleh forum  Kongres V PIKI akan menggelar pelaksanaan pertemuan nasional melalui Rakernas dan KLB.

Ditempat yang sama Sekretaris Umum DPP PIKI Audy WMR Wuisang STh MSi menambahkan, Rakernas dimaksudkan untuk konsolidasi dan pemetaan kelambagaan serta  posisioning  visi dan misi organisasi secara internal.

“Selain itu kegiatan tersebut diharapkan  menyatukan pemahaman secara mendasar tentang pentingnya PIKI merespon perubahan-perubahan lingkungan eksternal yang terjadi akhir-akhir ini,” tambah Audy. (tan/bilal)