Saturday, 29 July 2017

Puncak Jaya Kembali Memanas

Puncak Jaya, PenaOne – Sedikitnya 20 rumah dan 14 honai milik warga dibakar saat terjadi bentrokan Sabtu (29/7) antara pendukung Pasangan No urut 2 dan No urut 3 di Kota Baru Mulia Kabupaten Puncak Jaya.

Memanasnya kedua pendukung Paslon tersebut setelah dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) saat Pilkada serentak Februari lalu.

Dalam bentrokan tersebut juga menimbulkan 9 orang mengalami luka-luka akibat terkena panah dari masing- masing pendukung, satu diantaranya anggota Polisi.

Semua korban saat ini masih dalam perawatan medis di RSUD Puncak jaya.

Berikut adalah kronologis terjadinya bentrokan:

Sekitar pukul 11.30 wit massa pendukung nomor 2 dan nomor 1 sekitar 20 orang mendatangi posko nomor 3 dengan cara menyusup dengan tujuan utk menyerang posko nomor paslon no 3 di Kota Baru Mulia.

Kemudian pendukung nomor 3 melakukan perlawanan dengan cara menembakkan panah ke arah pendukung nomor 1 dan 2.

Melihat kejadian tersebut, anggota Brimob yang berjaga di pasar lama kota baru dan Kodim 1714/ Pj datang utk meredam bentrokan itu. Namun masing masing pendukung tidak menghiraukan sehingga anggota Brimob mengeluarkan tembakan peringatan untuk menghentikan perang tetapi perang antra pendukung nomor 3 dan 1 masih berlanjut.

Pada pukul 12.30 wit anggota Kodim dan anggoata Brimob memisahkan pendukung nomor 3 dan nomor 1 sehingga perang dapat di hentikan, namun masing masing pendukung sudah terlanjur melakukan pembakaran rumah rumah di sekitar lokasi kejadian, sehingga terbakarnya rumah dan Honai tidak dapat di hindari

Hingga saat ini seluruh personil TNI Polri masih siaga menjaga teejadinya bentrokan susulan. (bian)

Sumber: sinarpapua.com