Sunday, 6 August 2017

Anang Fadhilah Calon Kuat Pimpin IWO Kalsel

Banjarmasin, PenaOne - Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) akan menggelar pemilihan ketua dan pembentukan pengurus IWO Kalsel periode pertama.

Ketua panitia pemilihan IWO Kalsel, Anang Fadhilah, mengatakan pengurus IWO Pusat membuka kesempatan yang sama kepada para wartawan yang bekerja di media online untuk mendaftarkan diri sebagai calon Ketua IWO Kalsel.

Menurut dia, pendaftaran dibuka selama empat hari pada tanggal 6-9 Agustus 2017. Dalam pemilihan itu, setiap media online yang berbadan hukum punya satu hak suara. IWO Pusat sudah menetapkan syarat bagi calon ketua dan pengurus IWO.

“Syaratnya calon ketua harus aktif menjadi wartawan, minimal satu tahun dan bekerja di media online yang memiliki badan hukum,” ujar Anang Fadhilah kepada kabarkalimantan, Ahad (6/8/2017).

Anang mengatakan, agenda pembentukan pengurus IWO Kalsel ini dalam rangkaian menyambut Musyawarah Besar IWO pada 8-9 September 2017 di Jakarta.

Mubes bertujuan membahas aneka agenda penting, di antaranya pengesahan pimpinan Pengurus Pusat IWO periode 2017-2022, penyempurnaan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), pengesahan Kode Etik IWO, dan penyusunan program kerja.

“IWO ingin bersama dengan Dewan Pers menjaga hak dan kewajiban wartawan online yang sampai hari ini belum secara khusus diperhatikan,” ujar wartawan Barito Post itu.

Pemilihan ketua dan pengurus IWO Kalsel rencananya di Hotel Banjarmasin Internasional pada 9 Agustus 2017.

Anang pun mengaku tertarik ikut bertarung memperebutkan kursi Ketua IWO Kalsel. Anang berjanji akan meningkatkan profesionalisme dan kualitas wartawan media siber di Kalimantan Selatan.

Ia optimistis mampu memimpin IWO Kalsel karena berpengalaman puluhan tahun bekerja di berbagai media, baik cetak dan elektronik.

Sekretaris Jenderal IWO, Witanto, seperti dikutip redkal.com (kabarkalimantan) meminta kepada pengurus IWO daerah agar mempersiapkan diri sebelum Mubes IWO.

Dirinya berharap semua pengurus IWO daerah bisa hadir ke Mubes demi menyebarluaskan visi dan misi IWO ke seluruh Indonesia.

Pengurus dan pemegang mandat IWO yang sudah terbentuk ada di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Jambi, Riau, Bengkulu, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Sorong Raya, dan Papua Barat.

Adapun pengurus IWO setingkat kabupaten/kota sudah terbentuk di Kabupaten Pasaman Raya, Bengkalis, Kuantan Sengingi, Dumai, Kampar, Indra Giri Hulu, Ogan Komering Ilir, Tanggamus, Landak, Ketapang, Kota Tomohon, Kota Bitung, dan Kota Manado.

"Teman-teman sangat antusias dan sedang mempersiapkan diri pengurusnya. Saya harap dinamika wartawan online di Indonesia bisa membantu rekan-rekan di Dewan Pers dalam menambah percepatan tumbuh kembang dunia media digital di Indonesia sesuai amanat UU Pers," demikian kata Witanto. (baharjati)