Wednesday, 2 August 2017

Ini Pesan Ketua DPRD ke IWO Sulsel

Pengurus IWO Sulsel beraudiensi dengan DPRD setempat
Makassar, PenaOne - Ketua DPRD Provinsi Sulsel M Roem menerima jajaran Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulsel dalam rangka audiens di ruang kerjanya, Lantai 2 Kantor DPRD Sulsel, Jl Urip Sumpharjo, Selasa (1/8/2017) siang.

Jajaran PW IWO Sulsel yang hadir seperti Ketua, Sekretaris, Kepala Bidang, Dewan Etik dan Anggota. Audiens ini sebagai ajang silaturahmi dan memperkenalkan IWO di Sulsel juga meminta masukan dan sekaligus menyampaikan beberapa agenda kedepannya.

Salah satunya musayawarah besar (mubes) IWO ke 1 yang akan dilangsungkan di Jakarta 8-9 September 2017 mendatang.

Mendengar beberapa pemaparan pengurus, M Roem pun menyambut baik kehadiran IWO sebagai wadah pemersatu profesi wartawan siber khususnya di Sulsel.

Ia mengungkapkan tantangan IWO harus menjadi alat kontrol bagi wartawan dalam menjalankan tugas nya di tengah-tengah masyarakat.

"Selamat sudah terbentuk (IWO Sulsel). Karakter berita online memang sangat cepat. Kalau kita lihat masyarakat kita sekarang serba bebas, tapi menurut saya kita sebagai bangsa punya nilai budaya, punya etika, sebagai masyarakat beragama, semua itu harus menjadi pegangan kita dalam pergaulan, termasuk dalam media elektronik ini. Justru disitulah tercermin sesungguhnya apakah kita ini masyarakat beradap atau tidak," papar M Roem.

Dari sinilah, M Roem berharap IWO harus menjadikan itu sebagai salah satu perjuangan supaya masyarakat ini yang menjadikan wadah berkomunikasi yang baik.

"Mau tidak mau harus diajak untuk ikut. Masa antara kita yang berkomunikasi tidak punya etika, dan kecendrungannya semakin lama semakin tidak terkontrol, olehnya itu harus ada yang menuntun, mau berhasil atau tidak itu bukan soal kita lagi, tapi kita melakukan itu," jelas mantan Bupati Sinjai ini.

Hal ini juga dia lakukan di DPRD Sulsel, senantiasa memberikan masukan kepada anggota agar bekerja dengan baik. Karena pesan-pesan ini merupakan tanggung jawabnya sebagai pimpinan memberikan contoh yang baik.

"Tugas saya mengingatkan. IWO harus hadir itu, disitu lihat masyarakat, kalau besok lusa kenapa begini kita sudah ingatkan, kedepan masih banyak tantangan kita, kita tida bisa menghindari itu kemajuan ilmu kematuahuan, pastilah, yang penting kita tetap ada upaya merem, kita ini juga adalah mahluk beradab, bangsa memiliki latar belakang baik," pesannya.

Ketua PW IWO Sulsel Zulkifli Thahir menyampaikan organisasi profesi ini spesifik ke wartawan online ditengah organisasi profesi pers yang sudah lama ada.

"Wadah ini hadir untuk bersama-sama saling mengingatkan yang baik. Kami berharap juga ada sinergitas DPRD Sulsel dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana salah satu fungsi pers," katanya.
" kata Abang Chule sapaannya.

Sementara Sekretaris Dewan Etik PW IWO Sulsel Ahmad Yusran menambahkan dihadapan Ketua DPRD Sulsel, jika ada transformasi informasi teknologi yang ada saat ini. Ia mencontohkan fenomena belum tayang di TV dan di cetak, tapi di media online bisa langsung terbit.

"Olehnya itu bagaimana peran legislatif ini juga bisa bertransformasi melalui informasi teknologi," kata wartawan Liputan6.com ini. (*/juariah)