Saturday, 19 August 2017

IWO Karawang Percayakan Kasus Pemukulan Wartawan ke Polisi

Karawang, PenaOne - Pengurus Wilayah Ikatan Wartawan Online (PW-IWO) Kabupaten Karawang, Jawa Barat dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Cikampek, sepakat untuk mempercayakan kasus dugaan pemukulan terhadap wartawan beberapa waktu lalu kepada penegak hukum.

Ini diketahui, setelah kedua belah pihak melakukan pertemuan untuk mengklarifikasi dan membahas kelanjutan kasus yang diketahui sudah ditangani penyidik dari Kepolisian Sektor Cikampek tersebut.

"Pertemuan ini juga untuk menepis kabar bahwa telah terjadi masalah antara pengurus IWO dan Ormas Pemuda Pancasila," ujar Sekretaris PW-IWO Kabupaten Karawang, Dede Jaenudin Sabtu (19/8/2017)

Dede mengatakan hal itu dalam siaran persnya sembari menyebut jika korban dugaan pemukulan oleh anggota ormas PP, Dennis FW,  sudah menyerahkan kasus tersebut kepada kuasa hukum dari Kantor Advokasi Indonesia (KAI) Karawang.

Untuk itu, kata Dede, upaya hukum apapun yang ditempuh oleh Dennis saat ini, murni keputusan pribadi dan kuasa hukum.

"Artinya itu sudah tidak lagi masuk ke ranah organisasi kami (IWO). Tapi bukan berarti kami lepas begitu saja, karena sebelumnya kami sudah menawarkan bantuan hukum, namun Dennis lebih memilih kuasa hukum dari KAI. Kita hormati karena itu hak pribadi beliau," ujar Dede.

Meski begitu, lanjut Dede, IWO Karawang sebagai organisasi wartawan media online tetap akan terus mengikuti perkembangan dugaan kasus pemukulan tersebut sampai tuntas.

Ketua PAC Pemuda Pancasila Cikampek, Cecep mengatakan, secara pribadi dan lembaga dia meminta maaf terkait kejadian dugaan pemukulan terhadap salah satu anggota IWO Karawang tersebut.

Namun dia berani menjamin, kronologis kejadian pengeroyokan tidak benar adanya. Menurut dia, kejadian saat itu memang berlangsung cepat, dan tidak mengetahui bahwa Dennis merupakan seorang wartawan dari media online.

"Karena yang kami tahu Dennis ini Ketua LSM Garda RI. Ini salah paham aja, karena selama ini kami selalu menjalin hubungan baik dengan semua wartawan," ungkapnya.

Senada juga diungkapkan Sekretaris PAC Pemuda Pancasila Cikampek, Roni Usman (Rous). Menurut Rous, sebagai warga negara yang baik, dia siap mengikuti dan menghormati proses hukum yang sedang berjalan.

Bahkan dia mengaku selalu bersikap kooperatif sebagai terlapor dalam kasus tersebut.

"Secara pribadi saya sudah meminta maaf kepada Dennis dan berharap kasus ini tidak dilanjut sampai ke meja hijau. Tapi ternyata pelapor memilih untuk terus lanjut. Sebagai warga negara yang baik, kami siap mengikuti proses hukum," ujar Rous. (tan/ga)