Thursday, 28 September 2017

IWO Kota Bekasi-Panwaslu Sepakat Pilkada 2018 Berlangsung Jurdil



Bekasi, PenaOne - Pengurus Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Bekasi, Jawa Barat dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bekasi sepakat jika Pilkada serentak tahun 2018 bisa berlangsung jujur dan adil.

Ketua IWO Kota Bekasi, Iwan Nendi Kurniawan, Kamis (28/9/2017), mengatakan, kedatangan IWO kekantor Panwaslu Kota Bekasi untuk memperkuat kinerja Panwaslu sebagai fungsi pengawasan.

Hal itu dikatakan Iwan berserta jajaran pengurus IWO Kota Bekasi saat bersilaturahmi dengan Panwaslu Kota Bekasi dikantornya.


Menurut Iwan, IWO sebagai salah satu organisasi profesi wartawan media online sangat peduli terhadap proses Pilkada yang jujur. Sehingga, kami berharap jika ada laporan dari masyarakat atau temuan Panwaslu yang terindikasi kecurangan agar ditindak lanjuti.

"Proses sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat agar paham apa tugas Panwaslu dan bagaimana mekanisme melaporkan tindak kecurangan di Pilkada perlu lebih ditingkatkan agar masyarakat paham keberadaan dan posisi Panwaslu," ujar Iwan.

Berkaca pada Pilkada sebelumnya, lanjut Iwan, banyak masyarakat yang tidak paham bagaimana cara melaporkan jika ada indikasi kecurangan kepada Panwaslu.

"Ini salah satu yang menyebabkan akhirnya ketidakpercayaan terhadap pada netralitas Panwaslu," tandasnya

Ditempat yang sama Ketua Panwaslu Kota Bekasi, Novita Ulya Hastuti didampingi Ketua Divisi Pengawasan, Tommy dan Ketua Divisi Penindakan Pelanggaran, Muhammad Iqbal, mengaku senang atas inisiatif pengurus IWO kota Bekasi.

"Justru, kata dia, Panwaslu butuh menjalin kemitraan dengan semua pemangku kepentingan (stake holder) agar kinerja Panwaslu lebih maksimal," ujarnya.

Jadi, Panwaslu sadar tidak bisa bekerja sendirian. "Itulah butuh kemitraan dengan semua pihak. Apalagi kita punya keinginan agar tingkat partisipatif di Pilkada 2018 bisa meningkat dibanding sebelumnya," pungkasnya. (tan/bilal)