Friday, 20 October 2017

Persiba Antisipasi Keunggulan Barito

PELATIH Persiba Balikpapan Hariyadi mengantisipasi keunggulan Barito Putera dalam duel udara ketika kedua tim saling jumpa di Stadion Batakan, Jumat (20/10) malam WIB, pada pekan ke-30 Liga 1 2017.

Hariyadi mengatakan, berkaca dari perjumpaan di putaran pertama, Barito Putera unggul dalam duel udara, serta bisa memaksimalkan set-piece. Keunggulan itu yang kini berusaha diredam Persiba.

“Saya sudah mengamati permainaan tim lawan, maupun tim sendiri. Saya sudah sampaikan kepada pemain, Barito Putera unggul bola udara. Menariknya, ini menjadi kelemahan kami. Kami sudah siapkan formasi, dan pemain diharapkan mengerti,” ujar Hariyadi.

Hariyadi menambahkan, dengan sisa pertandingan yang makin sedikit, ia meminta anak asuhnya agar terus berjuang menyelamatkan diri dari degradasi sekaligus menjaga keperawanan Stadion Batakan. Dari empat laga di stadion ini, Persiba hanya satu kali gagal mendulang angka penuh, yakni saat diimbangi Persib Bandung.

“Kondisi tim saat ini sedang bagus, tak ada pemain yang absen. Khusus untuk Marlon [Da Silva], kami akan lihat kondisi terakhirnya. Yang jelas kami akan fight melawan Barito, kami harus menang,” tegas Hariyadi dikutip goal.com.

Sementara arsitek Barito Putera Jacksen F Tiago mengatakan, Laskar Antasari tidak akan menyerahkan poin kepada Persiba, karena mereka juga berusaha menembus lima besar klasemen. Saat ini Barito Putera menempati peringkat tujuh dengan koleksi poin 45.

Walau lawan yang dihadapi berada di zona degradasi, Jacksen tidak memandang remeh Persiba. Menurutnya, keberhasilan Persiba menundukkan Bali United menjadi gambaran kekuatan tim Beruang Madu.

“Saya menaruh respek kepada Persiba. Kemarin Persiba bisa menang lawan Bali United. Mereka punya pemain bagus, tapi hanya kurang beruntung saja di awal musim, banyak permasalahan, seperti kami,” ungkap Jacksen.

“Setelah Hariyadi menangani tim ini, permainan mereka cukup meningkat. Saya hanya mengingatkan pemain agar tetap fokus. Kami ingin mendapatkan poin, dan berharap posisi tidak berubah di klasemen. Saya bersyukur kalau kami bisa melewati tim yang ada di atas kami [di klasemen].
Barito Putera tidak menghadapi kendala absennya pilar. Mereka datang ke Balikpapan dengan kekuatan terbaik,  Hansamu Yama, Rizky Pora, dan Wllian Lira," ujarnya.

Berikut prakiraan susunan pemain kedua tim:

Persiba: Dian Agus Prasetyo; Yudi Khoerudin, Junior Lopes, Alfath Faathier, Iqbal Samad, Bryan Cesar, Ilhamul Irhaz, Anmar Almubaraki, Srdjan Lopicic, Sunarto, Marlon Da Silva.

Barito Putera: Aditya Harlan; Nazar Nurzaidin, Aaron Evans, Dandi Maulana, Hansamu Yama, Muhammad Rifqi, Rizky Pora, Gavin Kwan Adsit, Matias Cordoba, Douglas Packer, Willian Lira. (Bian)