Wednesday, 1 November 2017

Kasau: POM AU Terus Tunjukkan Eksistensi


Medan, PenaOne - Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, mengatakan, diusia yang ke-71 tahun ini, Polisi Militer Angkatan Udara (POMAU) telah menunjukkan eksistensi dan prestasi yang cukup membanggakan dalam berbagai pelaksanaan tugas penegakan hukum di lingkungan Angkatan Udara (AU).

Hal itu dikatakan Kasau di shelter lapangan udara (Lanud) Soewondo ex bandara Polonia Medan  saat upacara peringatan hari ulang tahun(HUT) ke-71 POMAU  Rabu (1/11/2017).

Dalam upacara itu, Komandan lapangan udara Soewondo  Kolonel Pnb Daan Sulfi, menjadi inspektur upacara (Irup).


“Prestasi dan semangat ini tentunya diwarisi dari para perintis yang dengan segala keterbatasan sarana dan peralatan yang ada. Oleh karena itu, pada kesempatan seperti ini, merupakan saat yang tepat untuk mengenang jasa dan pengorbanan para perintis dan pendahulu kita, disertai tekad untuk senantiasa melanjutkan cita-cita, perjuangan dan pengabdian dalam mengembangkan POM AU sesuai dengan tantangan tugas yang dihadapi," ujar Kasau.

Lebih lanjut Kasau mengatakan, sejalan dengan dinamika tantangan tugas yang berkembang begitu cepat, insan prajurit POM AU dituntut untuk senantiasa menjadi contoh dan tauladan bagi seluruh personel AU.


“Prajurit POM AU harus dapat bertindak secara independen/mandiri dalam melaksanakan proses penegakkan hukum dengan mengedepankan hukum sebagai panglima dan selalu menghindarkan diri dari kecongkakan kekuasaan (arrogance of power) dan penyalahgunaan kekuasaan (abuse of power), yang dapat merusak citra Polisi Militer Angkatan Udara selaku penegak hukum. Untuk memenuhi tuntutan tugas tersebut prajurit POM AU," tambah Kasau. (Royman Simamora)