4 Mahasiswa Kembali Dibebaskan Aparat Mesir

Dubes Cairo Helmy Fauzi saat makan bersama 4 orang mahasiswa yang ditangkap. 
Jakarta, PenaOne - Berbagai penahanan pelajar atau mahasiswa Indonesia di Cairo, Mesir terus dilakukan oleh aparat keamanan setempat.

Sebelumnya, 5 orang mahasiswa Indonesia yang belajar di Universitas Al Azhar ditangkap 22 November lalu dan belum lama ini sudah dilepaskan.

Kini pihak aparat keamanan Mesir kembali membebaskan 4 orang mahasiswa asal Indonesia yang belajar di negara Pyramid itu.

Jika dirunut, berbagai penangkapan mahasiswa Indonesia yang berada di Mesir itu "dosa" siapa. Apakah calon mahasiswa atau mahasiswa tidak membekali dirinya dengan kelengkapan yang dibutuhkan saat berada di negara lain?.

Atau, memang ada "jalan tikus" yang sengaja dipersiapkan orang-orang tidak bertanggung jawab ketika calon mahasiswa itu akan kuliah ke Mesir.

Dubes RI untuk Cairo Helmy Fauzi pun merasa senang dengan pembebasan 4 orang mahasiswa ini.

"Ahamdulillah 4 mahasiswa kita yang sempat diibawa oleh aparat kemanan Mesir sore tadi sudah dibebaskan pukul 21.43 Clt di qism tsani H-6," kata Helmy Fauzi dalam siaran pers yang diteruskan Pusat Penenerangan Sosial Budaya (Puspensosbud) KBRI Cairo, Rabu (13/12/2017).

Empat orang mahasiswa yang sempat di tahan yakni; Anwar Arifandi (kekeluargaan Kemass), Abdul Aziz (kekeluargaan Gamajatim), Jamaluddin  (kekeluargaan Kpmjb) dan Siddiq Haraki (kekeluargaan Kma).

Helmy berharap agar mahasiswa dan pelajar Indonesia yang berada di Mesir senatiasa berhati-hati dimanapun berada.

"Kita semua harus berhati-hati saat berada diluar rumah. Lengkapi diri kita dengan semua dokumen yang ada," pesan Helmy dalam jamuan makan pada mahasiswa tersebut. (tan/ambar)