65 Pemilik Media Online di Kepri Berbodong-bondong Masuk Aspemo


Tanjungpinang, PenaOne - Sedikitnya 65 pemilik media online yang berbadan hukum resmi di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) akhirnya berhimpun dalam wadah Asosiasi Pemilik Media Online (Aspemo), sekaligus mendeklarasikan kepengurusan daerah (DPD) Provinsi Kepri. Ini merupakan DPD Aspemo Kedua yang terbentuk setelah Kalimantan Barat.

Secara nasional, hingga hari ini sudah terdata lebih 169 pemilik media online yang menyatakan siap berhimbun untuk membentuk kepengurusan di tingkat wilayah masing-masing daerah. Angka ini diprediksi akan terus bertambah seiring tingginya minat pemilik media online, dalam rangka memenuhi standarisasi verifikasi Dewan Pers.

Terbentuknya DPD Aspemo Kepri, terhitung sangat cepat. Karena komunikasi yang dibangun oleh para pemilik media online dilakukan berbasis online terigrasi. Ini merupakan terobosan baru yang dilakukan Aspemo Kepri, yang terinsiprasi cara berdemokrasi yang cepat, tepat dan smart.

Tentu saja, terobosan ini guna mepersingkat rentang kendali, mempercepat konsolidasi dan pendataan, mengingat tantangan letak geografis enam Kabupaten/Kota di Kepulauan Riau, dipisahkan oleh laut antar pulau yang cukup berjauhan.

Dengan rapat online ini pula, masing-masing pemilik media berkomunikasi dengan intens dan bernas, sehingga hanya dalam waktu kurang lebih dua minggu, 65 pemilik media online dapat terhimpun, kemudian ‘melahirkan’ tujuh pemilik media sebagai figur yang dipercaya untuk penerima mandat dari DPP Aspemo, yang bertugas untuk membentuk kepengurusan DPD Kepri sekaligus melakukan deklarasi.

Ketujuh penerima mandat tersebut adalah Azli Rais Asdupil (Pemilik lidiknews.co.id) yang juga salah satu pendiri, Decrates (pemilik silabusnews.com), dahri Maulana (CEO gardanusantaraonline.com), Jonni Pakun (pemilik batamnews.com & gruop), Rusmadi (pemilik sijorikepri.com), Romesko Purba (pemilik kepriterkini.co.id) dan Sudirman (pemilik leadernusantara.com).

Hanya dalam dua hari, ketujuh penerima mandat ini langsung tancap gas membentuk panita kerja menyusun tentatif pelaksanaan konsolidasi, sekaligus membentuk pengurus DPD dan memilih ketua serta melakukan deklarasi. Kegiatan ini pun disepakati digelar pada tangggal 16 Desember 2017 di ibukota Kepulauan Riau, yakni di Tanjungpinang.

Dalam rapat disepakati Joni Pakun terpilih menjadi Ketua Aspemo provinsi Kepri. Dalam waktu dekat dirinya akan merampungkan susunan pengurus.

Diketahui, Aspemo lahir dari "rahim" organisasi profesi Ikatan Wartawan Online (IWO) yang pada bulan September 2017 telah menggelar Musyawarah Bersama (Mubes). (tan/bilal)