Dubes Amman Minta Himpunan Mahasiswa Negara Lain Dukung Palestina

Aman, PenaOne - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Aman, Yordania Andy Rachmianto, meminta Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (HPMI) Yordania dapat menyerukan dukungan terhadap Palestina kepada organisasi kemahasiswaan Indonesia di luar negeri lainnya.

Bukan hanya di Aman, kata Dubes, seruan juga harus dilakukan khususnya di kawasan Amerika Serikat (AS), guna memberikan tekanan sosial kepada Pemerintah AS atas pernyataan soal Yerusalem.

Hal itu dikatakan Dubes Amman saat menerima kedatangan Ketua HPMI Yordania, Ghinan Taufiq, beserta beberapa anggotanya ke KBRI Amman Rabu (13/12/2017) yang diperoleh Redaksi PenaOne.com dari siaran pers dari KBRI Amman.

Dubes RI untuk Amman saat menerima Ketua HPMI Yordania. @foto KBRI Amman
Dalam kesempatan itu, Ketua HPMI Yordania mengungkapkan beberapa  sikap resmi HPMI diantaranya;

"Mengecam pernyataan sepihak Presiden AS atas pengakuan Yerusalem sebagai ibukota Israel dan rencana pemindahan Kedubes AS dari Tel Aviv ke Yerusalem," ujar Ghinan Taufiq.

Mereka juga menuntut Pemerintah AS segera membatalkan pernyataan tersebut dan mendorong Pemerintah RI bersama dengan OKI, PBB, dan masyarakat internasional lainnya untuk melakukan berbagai upaya penyelamatan Yerusalem dan Palestina.

"Menyerukan masyarakat di Indonesia untuk membela dan mendukung perjuangan kemerdekaan bagi Palestina. Mendukung upaya Pemerintah RI dan masyarakat Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan Palestina," demikian Ketua HPMI Yordania Ghinan Taufiq menjelaskan. (tan/sukron)