Dubes Singapura Yakinkan Investor Jika Indonesia Aman Jelang Pilkada

Dubes Singapura Ngurah Swajaya
Singapura, PenaOne - Duta Besar (Dubes) RI untuk Singapura Ngurah Swajaya menyampaikan apresiasi atas kepercayaan investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Dirinya juga meyakinkan mereka untuk terus melanjutkan rencana penanaman modal atau perluasan investasinya di Indonesia, meskipun Indonesia akan melaksanakan pilkada tahun 2018 dan Pemilu 2019.

"Bagi Indonesia, pemilu merupakan proses demokrasi yang rutin diselenggarakan dan semestinya tidak perlu mengakibatkan para pengusaha menunda rencana investasinya ke Indonesia," ujarnya di depan 200 investor, pelaku usaha dan pimpinan perusahaan asal Singapura di ballroom Hotel Pan Pacific, Singapura dalam acara “RISING 50 Investment Appreciation Night”, Senin (19/12/2017).

Dubes Ngurah menjelaskan, rencana investasi dan perluasan bisnis mestinya tidak perlu menunggu selesainya pemilu karena demokrasi merupakan suatu keniscayaan dan proses yang tidak akan menghambat konsistensi pemerintah untuk terus memperbaiki iklim investasi.

"Investasi justru merupakan momentum yg secara cepat harus dimanfaatkan di saat yang tepat seperti saat ini," kata dia.

Dirinya melanjutkan sebagai investor terbesar selama 5 tahun berturut-turut, Singapura memiliki potensi untuk menggarap peluang investasi di berbagai wilayah dan berbagai sektor yang potensial.

Ekonomi digital serta sektor pariwisata lanjutnya, merupakan unggulan dalam kerjasama ekonomi Indonesia-Singapura seperti telah dicanangkan Presiden Jokowi dan PM Lee dalam pertemuan retreat 7 September lalu.

"10 New Bali" yang diumumkan Presiden Jokowi tidak hanya menawarkan destinasi pariwisata yang unik. Namun juga peluang investasi bidang infrastruktur pendukung.

Sebagai destinasi investasi yg paling menarik urutan ke-4 dunia versi UNCTAD dan urutan pertama versi survey KADIN Singapura (SBF), peluang investasi justru sangat besar di saat Indonesia melaksanakan pesta demokrasi Pillada serentak tahun 2018 dan Pemilu 2019.

"Sampai kuartal ke-3, total realisasi investasi Singapura ke Indonesia mencapai US$ 6,1 miliar," demikian Dubes Singapura menjelaskan. (anis)