Eksportir Muda Indonesia Bisa Terus Kembangkan Diri

Cairo, PenaOne - Duta Besar RI  untuk Cairo, Medir Helmy Fauzi mengatakan potensi dan peluang ekspor ke Mesir masih terbuka lebar, Indonesia baru mendominasi 1,72% impor Mesir dari Dunia.

Produk bamboo lanjutnya, baik sebagai gazebo maupun sebagai hiasan rumah, hotel dan perkantoran masih menjanjikan untuk dipasarkan di Mesir.

Menurutnya, disamping itu KBRI Cairo mendorong para produsen dan eksportir  untuk melakukan diferensiasi produk baru untuk masuk ke pasar Mesir.

Hal itu dikatakan Helmy saat menerima kunjungan Pengurus Kadin Indonesia Komite Tetap Timur Tengah dan OKI, Helga Lorraine Kumontoy yang juga Presiden Direktur PT. Global Mice Indonesia Jum'at (16/12/2017).

Mengemuka pula pertemuan itu mengenai keberadaan Business Council kedua negara agar dapat didorong untuk segera melaksanakan  kegiatan bersama dengan menyelenggarakan forum forum bisnis antara Indonesia Egyptian Business Council yang berkantor di Jakarta dan Egyptian-Indonesia Business Council yang berkantor di Cairo.

Dalam pertemuan tersebut Atase Perdagangan Dubes Cairo, Burman Rahman menyampaikan para eksportir  muda Indonesia dapat mengembangkan diri dengan memperkuat wawasan ekspor di pusat pelatihan ekspor Indonesia yang ada dibawah Kemendag RI.

"Selain itu pelatihan soft skill lainnya seperti pelatihan packaging, marketing secara online  dan peningkatan keahlian lainnya dapat diakses dengan baik," ujarnya.


Terkait counter draft Joint Trade Committee (JTC) yang telah disampaikan Delri kepada pihak Mesir dapat segera ditindak lanjuti untuk mencari jalan keluar dalam menghadapi hambatan-hambatan perdagangan kedua negara baik hambatan tariff dan non tariff.

Sementara itu, Helga Lorraine menyampaikan hal-hal penting diantaranya perlunya upaya mendorong ekspor produk furniture berbahan kayu Indonesia ke Mesir, adanya kepentingan Indonesia untuk doing branding sehingga Indonesia tidak hanya mengekspor produk bahan baku, upaya penetrasi pasar baik Mesir dan negara-negara Afrika lainnya. (tan/anis)