Masuk Wisata Air Panas Dabo Singkep Hanya Rp3.000

BAGI wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Lingga, provinsi Kepulauan Riau (Kepri) belum lengkap rasanya jika Anda tidak bekunjung ke tempat pemandian anir panas Dabo Singkep.

Pemandian air panas berukuran  35 meter kali 45 meter persegi ini terletak di Dusun II, Desa Berindat, Kecamatan Singkep Pesisir, Lingga hanya berjarak sekitra 6 kilo meter dari pusat kota.

Terdapat tiga kolam pemandian air panas disana. Kolam pemandian air panas yang dikelilingi pondok-pondok bambu disekelilingnya menambah indah pemadangan bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung.

Disekeliling pemandian, terdapat pohon karet dipinggirnya. Bahkan, tempat itu akan diperluas dengan penambahan tanah seluas 2 hektare lagi pada tahun 2018 nanti.

Rencana penambahan lahan masyarakat seluas 2 hektare itu akan dipergunakan sebagai kawasan wisata.

Disekitar kolam pemandian akan dibangun wisata agro yang ditanami berbagai macam jenis buah-buahan seperti apel, mangga, durian, jeruk, nanas dan lain-lain.

Selain wisata agro, akan dibangun juga wisata tracking dikasawan itu. Jadi tidak ada salahnya jika Anda yang menyukai pemandangan nan eksotis berkunjung ke pemandian air panas Dabo Singkep ini.

Hanya berjarak sekitar 1 kilometer dari pemandian air panas itu, terdapat air terjun yang diberi nama Bukit Bendera. Jika ditempuh dengan perjalanan kaki hanya dibutuhkan waktu 30 menit untuk mencapai puncak air terjun yang mempunyai ketinggian air terjun 50 meter itu.

Harga Tiket

Bagi Anda yang ingin menikmati indahnya pemandangan air panas Dabo Singkep ini tidak perlu merogoh kocek dalam. Karena pengelola tidak membanderol harga tiket yang mahal.

Hanya dengan uang Rp3.000 pengunjung bisa masuk kelokasi wisata untuk orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak pengelola hanya membanderol dengan harga tiket Rp1.000.

Jadi, murah kan harga tiketnya.....

Ada Home Stay 


Disekitar pemandian air panas, pengelola juga menyediakan beberapa home stay yang dipergunakan bagi para pengunjung yang akan menginap.

Terbuat dari papan dengan cat warna cokelat home stay tersebut terlihat bersih dan rapi. Meski berada di sekitar pohon karet home stay tersebut terlihat terawat.

Pengelola Pemandian Air Panas

Tahun 2018 nanti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga sudah menyetujui pembebasan lahan 2 hektare untuk mempercantik kawasan pemandian air panas itu.

Bahkan, pihak pengelolanya pun sudah mengamini niat baik dari Pemkab Lingga itu.

"Saya mengelola tempat ini sejak tahun 2009 lalu. Alhamdulilah tahun depan akan diperluas lagi," kata sang pengelola Edi Melong saat ditemui dilokasi belum lama ini.

Pria berusia 35 tahun ini menambahkan, meski Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari tempat wisata ini tergolong masih rendah namun, dari tahun ke tahun terus menujukkan peningkatan.

Suami dari Sumiati ini mengaku jika pada tahun 2016 lalu PAD dari sektor pariwisata air panas menyumbang sekitar Rp35 juta.

"Meski masih kecil tapi terus menunjukan kenaikan dari tahun ke tahun," pungkas bapak dari Rinal Septian (16), Maura Salom Aprili (9), Maudi Chitya Medi (8) ini.

Data Lokasi:
Nama: Pemandian Air Panas Dabo Singkep
Alamat: Dusun I Desa Berindat, Kecamatan Singkep Pesisir, Kab Lingga.
Harga Tiket: Dewasa Rp3.000
                       Anak-anak Rp1.000
                       Mobil Rp2.000
                       Motor Rp1.000

Penulis: Witanto
Editor: Marlina Anjrianti Wilujeng