Saturday, 2 December 2017

Wagub: Pers Telah Berbuat Untuk Kemajuan Bangsa

Nasrul Abit
Padang, PenaOne - Pers telah berbuat nyata dalam memajukan bangsa,  catatan sejarah dan berita media telah memberikan kita informasi pers merupakan bahagian tak terpisahkan dalam perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara di Republik  Indonesia ini.

Hal ini disampaikan Wagub Nasrul  Abit saat membuka Pameran Sejarah Pers  Nasional Minangkabau, dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN)  2018 di Sumatera Barat,  Museum Aditiawarmam Padang, Jum'at (1/12/2017).

Lebih lanjut Wagub Nasrul Abit mengajak
kepada seluruh pejabat publik yang ada di Sumatera Barat untuk tidak takut berurusan dengan insan pers atau wartawan.


Karena sampai sekarang masih ada pejabat publik yang takut atau tidak mau berurusan dengan wartawan, saya sendiri yang mendapat laporan dari para wartawan, ungkap Nasrul Abit

Nasrul Abit juga menjelaskan, saat ini sudah tidak ada alasan lagi bagi pejabat publik untuk tidak memberikan informasi kepada wartawan, karena sudah menjadi kewajiban sesuai aturan berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan UU nomor 23/2014 tentang pemerintah daerah pasal 347 dan 348, kewajiban pemerintah daerah menyebarluasan informasi penyelenggaraan pemerintah daerah kepada publik.

"Kenapa harus takut, kalau kerja kita benar dan jelas malah akan memberikan nilai tambah" tanya Nasrul Abit.

Wagub juga menyampaikan peran penting wartawan dalam memajukan pembanguan daerah sekaligus sebagai fungsi kontrol sosial.

Jadi kedepan kita berharap tidak ada lagi pejabat di Sumbar yang menghindar atau tidak menjawab telepon wartawan dalam memberikan informasi bagi kepentingan publik

Atas nama pemerintahan provinsi  Sumbar,  memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas karya dan dedikasi para insan pers Sumatera  Barat yang telah memberikan sumbangsih yang besar dalam memajukan pembangunan di daerah ini.  Semoga insan Pers Indonesia tetap memberikan yang terbaik bagi daerah,  bangsa dan negara,  ungkap Nasrul Abit.


Ditempat yang sama, Kepala Museum Adityawarman Adi Saputra menyampaikan pameran sejarah pers nasional Minangkabau ini merupakan salah satu rangkaian dalam peringatan Hari Pers Nasional tahun 2018 di Sumatera Barat.

"Selain itu, acara juga berguna untuk memperkenalkan kembali kepada para pemuda tentang sejarah pers di Sumatera Barat" terangnya.

Sebelum dibuka, juga diserahkan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba menulis sejarah pers tingkat mahasiswa. Untuk peringkat pertama diraih oleh saktia oktaviani dari Universitas Andalas, peringkat II diraih oleh Adityo Putra dari Universitas Negeri Padang dan peringkat ketiga diraih oleh Nurul Fatma yang juga dari Universitas Andalas. (bara/anis)