Sidang Gugatan Partai Demokrat Dilanjutkan Hari Ini

Jansen Sitindaon (jaket biru)
Jakarta, PenaOne - Sidang lanjutan gugatan Partai Demokrat terhadap Media Indonesia yang menerbitkan berita dengan judul "Pemenang Tender Ditolak, SBY Bertindak" di Dewan Pers hari ini kembali digelar.

Rabu pekan lalu, sidang perdana antara Partai Demokrat Vs Media Indonesia ditunda hari ini lantaran Media Indonesia tidak datang ke Dewan Pers.

foto @istimewa
Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon saat dikontak Redaksi PenaOne.com Rabu (21/2/2018) membenarkan jika sidang gugatannya dilanjutkan hari ini.

"Betul, hari ini sidang gugatan kami dilanjutkan di Dewan Pers," kata Jansen.

Jansen mengadukan Media Indonesia ke Dewan Pers di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2018).

Aduan itu terkait dengan pemberitaan media online tersebut pada Jumat (2/2/2018) lalu dengan judul “Pemenang Tender Ditolak, SBY Bertindak”.

Menurut Jansen, judul berita itu tendensius dan negatif serta tidak mencerminkan isi berita yang sesungguhnya.

“Berdasarkan Pasal 9 Kode Etik Wartawan Indonesia yang dilebur dalam Surat Keputusan Dewan Pers No 03/SK-DP/III/2006 tentang Kode Etik Jurnalistik secara imperatif menerangkan wartawan Indonesia harus menulis judul sesuai isi berita. Hal itu kami laporkan karena judul berita yang bersangkutan ternyata tidak mencerminkan isi berita setelah kami cermati.”

“Keterangan yang dimasukkan ke dalam berita tidak berasal dari narasumber yang dihadirkan dalam sidang KTP elektronik dan justru menjadi keterangan utama,” kata Janasen. (tan)