Wartawan Ini Polisikan Akun Facebook Gedreda Tungga

Jakarta, PenaOne - Robby Dance Henukh yang berprofesi sebagai wartawan salah satu media online melaporkan akun facebook milik Gedreda Tungga ke Polres Rote Ndao, provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dance sapaan akrabnya, mendatangi SPK Polres Rote Ndao dan diterima oleh Brigadir Marlies Niap, sekitar pukul 8:30 waktu setempat.

"Saya melaporkan kasus tersebut sebagai delik pencemaran nama baik oleh akun Gedreda Tungga di group ARAK (anak Rote Anti Korupsi). Postingan itu di uplood yang beesangkutan tanggal 24 Februri 2018," kata dia dalam pelan elektronik yang dikirim ke PenaOne.com Senin (26/2/2018).

Dance mengaggap, hal yang diposting itu bukan untuk dikonsumsi publik.

"Itu ranah privasi, kok dipublikasi kepublik," ujarnya.

Dirinya mengaku telah berkonsultasi dengan semua pihak, dan yang bersangkutan melangar UU IT,  sedangkan bunyi Pasal 28 ayat (2) UU ITE adalah sebagai berikut: "Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA)”.

Atas pelaporan itu, Dance menyerahkan kasus ini kepada kepolisian.

"Saya juga telah menyarankan kepada keluaga untuk serahkan kasus ini kepada pihak kepolisian kata dance. (dan/git)