33 Tentara Unifil Tinjau Area Operasi Indobatt di Lebsel


Konga, PenaOne - Sebanyak 33 tentara dari unit satuan yang tergabung dalam wilayah Sektor Timur United Nations Interim Forces In Lebanon (Unifil) meninjau Area Operasi Satgas Indonesian Battalion (Indobatt) Konga XXIII-L/Unifil misi perdamaian PBB di Lebanon Selatan (Lebsel), Sabtu (24/3/2018).

Kedatangan 33 tentara Unifil yang dipimpin oleh Letkol Fransisco Jose Paul Escalano (Battalion Spanyol/Spainbatt), Kolonel Santosh Kumar Tripathi (Battalion India/Indbatt), Letkol Narayan Bahadur Thapa (Battalion Nepal/Nepbatt) dan Mayor Bonis Vijovis (Kontingen Serbia), diterima langsung oleh Dansatgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil Letkol Inf Arfan Johan Wihananto S.I.P. beserta perwira terkait di Kompi Alfa, UN Post 9-15.

Selanjutnya, rombongan dari empat negara tersebut menerima paparan singkat dari Kasiops Indobatt Kapten Inf F.X. Renoten tentang hal-hal yang menonjol dan tingkat kerawanan di wilayah Blue Line, yang membatasi negara Lebanon dan Israel.

Usai menerima paparan, 33 tentara unit satuan sektor timur Unifil didampingi Dansatgas Indobatt meninjau hot spot Kompi Alfa lainnya, seperti Panorama Point, wilayah TP 36, Un Post 9-63 dan wilayah TP 35.

Setelah meninjau Area Operasi Indobatt di Kompi A, rombongan tentara Unifil menuju wilayah Kompi Charlie UN Post 9-2, dilanjutkan menerima penjelasan secara singkat oleh Danki ‘C’ Kapten Mar Taufiq Hidayat mengenai tugas dan tanggung jawab Kompi Charlie serta permasalahan yang dihadapi termasuk tingkat kerawanannya.

Dansatgas Indobatt Letkol Inf Arfan Johan Wihananto mengatakan bahwa kunjungan  yang dilakukan oleh unit satuan Sektor Timur Unifil merupakan salah satu ‘Familiarization Program’. “Ini merupakan program dari Sektor Timur Unifil, dimana setiap negara saling mengunjungi daerah operasi masing-masing untuk lebih mengenal dan mengerti tingkat kerawanan Area of Responsibility (AoR) nya,” ujarnya.

Peninjauan 33 tentara dari unit satuan yang tergabung dalam wilayah Sektor Timur Unifil ke wilayah Area Operasi Indobatt, diakhiri dengan mengunjungi Markas Indobatt, Adchit Al-Qusyar, UN Posn 7-1, dengan acara ramah tamah dan makan siang bersama. (gih/aan)