Ratusan Camaba Al-Azhar dari Indonesia Kabarnya Masih Terkatung-katung

Jakarta, PenaOne - Ratusan Calon Mahasiswa Baru (camaba) universitas Al-Azhar Mesir asal Indonesia dikabarkan masih terkatung-katung lantaran belum bisa masuk kebangku kuliah universitas tersebut.

Dari informasi yang diperoleh Redaksi PenaOne.com Sabtu (3/3/2018) ratusan mahasiswa tersebut sudah berada di Mesir sejak tahun 2017.

Bahkan ada juga diantara mereka yang sudah menginjakkan kakinya di Mesir sejak tahun 2016.

Kuat dugaan belum diterimanya ratusan camaba itu lantaran masih minimnya mereka dalam berbahasa arab. Akibatnya, mereka harus belajar di Darul Lugho (DL) untuk melancarkan bahasa arabnya.

Dalam penerimaan mahasiswa baru universitas Al-Azhar dari Indonesia, pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag) sudah melakukan Memorandum of Undersatnding (MoU) dengan universitas Al-Azhar tahun 2011.

Artinya, setiap penerimaan mahasiswa dari Indonesia yang akan belajar di univeritas Al-Azhar harus mengikuti tes atau seleksi yang diadakan oleh Kemenag.

Redaksi terus menghubungi pihak-pihak terkait atas pemberitaan ini termasuk diantaranya, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Cairo, Kementerian Agama dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Komentar pihak akan ditanyangkan dalam  berita selanjutnya. (tim redaksi)