177 Sekolah di Jakut Ikuti Sosialisasi USMBN SD 


Jakarta, PenaOne - Sebanyak 177 sekolah swasta dan negeri yang tersebar di Kecamatan Tanjung Priok, Pademangan dan Penjaringan, mengikuti sosialisasi Ujian Sekolah Madrasah Berstandar Nasional (USMBN) di Balai Yos Sudarso, Kompleks Wali Kota Jakarta Utara.

Kepala Suku Dinas Pendidikan wilayah 1 Jakarta Utara, Budi Sulisiono mengatakan, pelaksanaan USMBN tahun 2018 berbeda dari tahun sebelumnya. 

Karena itu, pihaknya menggelar sosialisasi agar seluruh pihak terkait memahami perubahan tersebut.

"Tahun ini 25 persen materi soal dibuat nasional dengan komposisi soal terdiri dari 90 persen pilihan ganda dan 10 persen esai," kata Budi, Kamis (26/4).

Dijelaskan Budi, secara keseluruhan terdapat 10.518 siswa dari 177 sekolah yang terdaftar mengikuti USMBN di wilayahnya. Rincian siswa tersebut berasal dari Kecamatan Tanjung Priok 4.702 siswa, 1.964 dari Kecamatan Pademangan dan 3.852 siswa dari Kecamatan Penjaringan.

Nantinya mereka akan mengikuti USMBN yang digelar tanggal 2, 3 dan 4 Mei 2018, dengan materi mata pelajaran Bahasa Indonesia di hari pertama, Matematika di hari kedua dan Ilmu Pengetahuan Aalam pada hari ketiga.

"Harapannya anak-anak bisa nyaman saat mengikuti ujian. Saya meminta orang tua mau menjemput anak didik di hari terakhir ujian," tandasnya. (bjk/gul)