Kiat Jaga Stamina di Usia 40 Tahun


MENGINJAK usia 40 tahun, kondisi tubuh rentan akan risiko terhadap penyakit. Bagaimana cara mengantisipasinya?

Usia 40 tahun merupakan saat yang tepat untuk mengetahui angka tekanan darah, berat badan, nilai kolesterol, dan gula darah. Melakukan tes kesehatan dapat membantu Anda untuk mengetahui potensi adanya penyakit yang berbahaya.

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki diabetes hingga akhirnya timbul komplikasi. Padahal penyakit diabetes bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, menurunkan daya tahan tubuh, dan dapat menyebabkan kemandulan.

Karena itu lakukan hal berikut ini agar stamina Anda di usia 40 tahun tetap terjaga:

Olahraga

Olahraga memiliki segudang manfaat. Mulai dari mengontrol berat badan, mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, kanker usus besar, menguatkan tulang dan otot, dan meningkatkan kesehatan mental dan mood.

Selain itu, olahraga juga dapat membantu mengurangi risiko terhadap depresi serta membuat tidur menjadi lebih optimal.

Manfaat dari olahraga dapat dirasakan bila Anda melakukan setidaknya 2 jam 30 menit (150 menit) per minggu. Olahraga yang disarankan adalah aktivitas fisik dengan intensitas sedang seperti berjalan cepat.

Semakin rutin olahraga dilakukan, maka waktu yang diperlukan akan menjadi lebih sedikit. Contohnya dengan melakukan jogging selama 75 menit seminggu, akan sama dengan jalan cepat selama 150 menit.

Perhatikan waktu tidur

Selain olaharaga kualitas tidur patut diwaspadai. Seperti dikutip dokterkita.com, berdasarkan Journal of Clinical Sleep Medicine tahun 2015, orang dewasa harus memenuhi kebutuhan tidur minimal 7 jam setiap malamnya untuk kesehatan yang optimal.

Apabila kurang dari 7 jam, dapat menyebabkan peningkatan berat badan, diabetes, hipertensi, penyakit jantung dan stroke, depresi, dan meningkatkan risiko kematian. Selain itu, dapat menurunkan daya tahan tubuh dan membuat performa Anda tidak maksimal.

Perhatikan Diet Anda

Peran nutrisi terhadap kesehatan fisik dan mental sering dipandang sebelah mata. Hampir semua orang yang tidak memiliki keluhan masalah kesehatan mengonsumsi sayuran dan buah segar atau jus setiap harinya.

Hindari makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Gula memang data dengan cepat diserap oleh tubuh dan meningkatkan moodserta stamina. Namun hal tersebut hanya untuk jangka waktu yang sebentar. Apabila kadar gula mulai hilang, maka mood dan stamina  juga dapat menurun.

Dengan memperhatikan empat hal tersebut meski sudah menginjak usia 40 tahun, stamina dan kesehatan mental Anda tetap terjaga. (gin)