Pensiunan PNS Diajak jadi Petani



EVP PT. Telkom Regional Jateng-DIY (kiri) Joko Raharjo bersama Ketua DPW PETANI Jawa Tengah (kanan) Dumadi Tri Restriyanto.
Semarang, PenaOne - Ketua umum Persaudaraan Mitra Tani Nelayan Indonesia (Petani) Satrio Damardjati mengajak PNS, TNI/Polri yang telah purna tugas  untuk bisa menghabiskan masa waktunya menjadi menjadi petani.

Oleh karena itu kata dia, mereka butuh mendapatkan bekal pelatihan sebelum pensiun dengan bisnis sebagai entrepreneur.

"Karena lingkup pertanian di pulau Jawa khususnya Jawa Tengah ini memiliki masa depan yang baik di Indonesia bahkan dunia. Dengan kontribusi positif Petani yang besar bagi bangsa dan negara," katanya kepada wartawan Rabu (25/4/2018).

Menurutnya, hasil pertanian selama ini cukup menguntungkan dan memiliki masa depan cerah dalam menjaga kedaulatan pangan dan mendorong ekspor yang lebih besar.

"Karena dunia pertanian adalah keunggulan komparatif dan absolut Indonesia terhadap luar negeri di tengah persaingan global," ungkapnya.

Sebelumnya, Executive Vice President (EVP) PT. Telkom Regional IV Jateng dan DIY Joko Raharjo menjelaskan petani yang smart, cerdas dan kreatif akan menjadi petani sukses.

Menurut Joko Rahardjo, petani adalah seorang yang bisa dikategorikan sebagai seorang entrepreneur. Sebagai seorang yang memiliki entrepreneur harus memiliki jiwa kewirausahaan atau entrepreneurship.

Hal itu disampaikan Joko Rahardjo di depan Ketua DPW petani Jawa Tengah Dumadi Tri Restiyanto yang didampingi Ketua Pelatihan Marketing Berbasis Digital dan Peternakan Lele Biosirkulasi yang juga Ketua DPC Petani Kota Semarang. (han/anif)