PETANI Jateng: Budidaya Lele Harus Dikembangkan


Semarang, PenaOne - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Persaudaraan Mitra Tani Nelayan Indonesia (PETANI) provinsi Jawa Tengah (Jateng) menggelar pelatihan marketing digital dan budidaya lele bio sirkulasi Rabu, tanggal 25 April 2018.

Acara itu dibuka oleh Ketua Umum PETANI Satrio Damardjati dan dihadiri Marketing Supervisor PT. Telkom Regional Jateng DIY Aziz, Seno Bayu Aji dan Ketua DPW PETANI Jateng Dumadi Tri Restiyanto.

Ketua DPW PETANI Jateng Dumadi Tri Restiyanto mengatakan, penggunaan alat komunikasi saat ini dibagi dalam tiga kelompok yaitu; Pertama, pengguna inovatif dan kreatif. Dua, pengguna rutinitas produktif dan ketiga, pengguna iseng atau tidak produktif.

"Tiga motivasi ini sudah menjadi kenyataan sifat pengguna. Diterangkan pulang teknik dan semangat marketing yang harus penuh keberanian dan motivasi tinggi guna mencapai tujuan marketing," ujarnya kepada wartawan Kamis (26/4/2018).

Menurutnya, PETANI harus memperkuat basis produksi dengan pengembangan kelompok-kelompok di wilayah Dewan Pimpinan Cabang (DPC) masing-masing sebagai ujung tombak keberhasilan

"Sehingga terjadi jaringan yang kuat untuk mencapai harga pasar yang optimal," jelasnya.

Dumadi meminta, peserta pelatihan bisa membentuk dan mensosialisasikan kepada kelompoknya di masing-masing DPC agar menyiapkan peternakan lele.

Sementara itu, Wakil Ketua DPC PETANI Kota Semarang Bidang Hukum dan Advokasi Agung Isdinawan SH, menerangkan, PETANI harus melek hukum dan mengerti peran advokasi dalam aktifitas ekonomi dan pertanian. (gian/har)