Tri Dianto Ingat Dulu ada Pesan SBY yang Bocor Juga ke Media

Susilo Bambang Yudhoyono
Jakarta, PenaOne - Bocornya pesan elektronik Ketua umum partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang seharusnya dikirimkan ke jajarannya bukan minggu lalu saja terjadi.

Tri Dianto mantan Ketua DPC Partai Demokrat Cilacap, Jawa Tengah mempunyai cerita lain soal bocornya pesan elektronik SBY itu. Namun, Tri mengatakan belum pernah di tegur langsung oleh Presiden RI ke 6 itu.

Loyalis mantan Ketua umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum ini mengaku tidak tahu apakah dulu Pak SBY juga sering menegur kadernya atau tidak. Karena, waktu itu dirinya hanya Ketua DPC Demokrat Cilacap.

"Saya ya gak pernah terima SMS teguran atau pujian dari Pak SBY. Tapi setahu saya memang waktu itu Pak SBY suka pakai SMS untuk kirim pesan," ujarnya dalam pesan elektronik WhatsApp ke PenaOne.com Senin (23/4/2018).

Dirinya masih ingat waktu ada berita Prof Subur Budhisantoso gagal jadi pembicara pada acara diskusi PPI, kemudian ada SMS Pak SBY kepada beberapa kader yang isinya marah-marah dan SMS itu bocor juga ke media.

"Saya juga tahu pernah ada SMS marah banget Pak SBY kepada mas Anas waktu Musda Demokrat Sulut karena calon yang direstui Pak SBY kalah telak melawan calon yang didukung mas Anas," jelasnya.

Namun, Wakil Sekjen DPP Hanura ini mengangap larangan atau perintah bicara ke media itu hal yang biasa saja dalam sebuah partai politik.

"Setiap partai biasanya punya kebijakan dewek-dewek. Jadi biasa aja kalau Pak SBY melarang mas Roy Suryo atau mungkin yang lain untuk tampil di media. Pasti ada pertimbangannya. Kan biasanya dulu yang bisa bicara ke media ditentukan, seperti jubir partai yang jumlahnya ada beberapa orang saja," pungkas Tri.

Sebelumnya, pesan elektronik SBY sempat bocor ke media. Berikut pesan  SBY yang beredar dikalangan wartawan.

Dari: SBY
Tembusan: Sekjen PD & Kadiv Komlik

Mengingat banyaknya statement Bung Roy Suryo di media yang tidak sesuai dengan posisi dan kebijakan partai, untuk sementara Bung Roy Suryo tidak melakukan talk show termasuk ILC dengan TV dan media lain agar tidak menimbulkan kebingungan bagi kader Demokrat. Untuk diketahui, untuk kesekian kalinya para kader Demokrat di berbagai daerah sering menyampaikan hal itu kepada saya. Saya harap Bung Roy fokus pada tugas di parlemen dan pemenangan di DIY yang saya nilai berlangsung dengan baik. Terima kasih. Selamat bertugas.

Menanggapi hal itu, Roy Suryo membenarkan jika mendapatkan pesan elektronik tersebut.

Dirinya mengaku mendapat pesan langsung berupa WA dari ajudan SBY pukul 14.38 WIB dan 15.02 WIB. Saat itu, Roy langsung membalas dengan kalimat, 'siap pesan diterima dengan baik dan dilaksanakan. Terimakasih'.

"Sikap saya yang langsung menerima dengan baik dan melaksanakan perintah ketua umum tersebut memang saya lakukan dengan sepenuh hati, karena memang demikianlah yang seharusnya terjadi, tanpa perlu saya tanyakan lagi kepada beliau mengapa hal tersebut dilakukan, Apa alasannya, dan sebagainya," kata Roy Suryo, Sabtu (21/4/2018). (hak/gus)