UI Pastikan Kegiatan Penganugerahan Amien Rais Hoax


Jakarta, PenaOne - Universitas Indonesia (UI) memastikan tidak ada kegiatan penganugerahan gelar bapak reformasi kepada Amien Rais seperti yang tersebar di media sosial (medsos) belakangan ini.

Penegasan itu disampaikan Kepala Humas UI Rifelly Dewi Astuti didampingi Egia Tarigan dikantor UI Depok Kamis (19/4/2018).

"Kami memang mendengar hal itu. Namun, kami pastikan acara itu tidak benar alias hoax," ujarnya.

Kepastian informasi itu hoax lanjut dia, setelah dilakukan pengecekan terhadap Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI).

Baca: Aktivis 98 Tolak Amien Rais jadi Bapak Reformasi

"Kami sudah cek ke BEM UI dan ke Direktorat Kemahasiswaan UI tidak ada kegiatan tersebut," jelasnya.

Karena, lanjut dia, sekecil apapaun kegiatan mahasisawa harus sepengetahuan dan mendapatkan ijin dari Direktorat Kemahasiswaan.

"Memang tanggal 20 Mei itu gedung Balairung UI tidak ada yang memakai. Namun, kegiatan itu tidak ada sama sekali," tuturnya.

Dirinya meminta masyarakat agar tidak langsung percaya adanya informasi di medsos. "Kita harus kroscek dulu kebenaran informasi itu," tegasnya.

Mengenai akan dilaporkannya pembuat meme tersebut, pihak UI masih menunggu instruksi dari pimpinan.

"Kita lihat dulu, karena sejauh ini kami belum menerima perintah dari pimpinan," pungkasnya.

Sebelumnya beredar kabar di medsos jika Amein Rais akan diberikan penganugerahan bapak reformasi di gedung Balairung UI Depok Minggu tanggal 20 Mei 2018 oleh BEM UI, BEM SI, BEM NUS. (ias/andi)