Dubes Singapura Yakinkan Indonesia Aman untuk Investasi

Ngurah Swajaya
Singapura, PenaOne - Sebelas perempuan Indonesia, dan Singapura menerima penghargaan “Women Empowerment Award 2018” yang dilaksanakan KBRI Singapura dan Her Times Magazine yang dihadiri 220 orang dari berbagai kalangan. Kegiatan yang dihadiri investor, pelaku usaha, dan tokoh masyarakat asal Singapura dan Indonesia dimaksudkan untuk memberikan penghargaan kepada tokoh perempuan Indonesia dan Singapura yang memberikan inspirasi dan membantu program mengenai pemberdayaan perempuan.

Kegiatan yang diselenggarakan di Mandarin Orchard telah dilaksanakan sebanyak dua kali sejak tahun 2017 dalam rangka perayaan Hari Kartini. Penghargaan/ Award diberikan setelah melalui seleksi panel dg berbagai kategori seperti, perempuan muda inspiratif, perempuan pebisnis, perempuan filantrofis yang melakukan berbagai kegiatan sosial dan pengaruhnya di masyarakat. Beberapa tokoh Indonesia dan Singapura yang memperoleh RISING Women Empowerment Award:

Achievement Award:
Kartini Muljadi
Laura Hwang

Her Times Philanthropy Award: 
GKR Mangkubumi
Tanya Chua Chian Ya

Her Times Excellence Award:
Tan Shu San
Murti Bunanta

Her Times Enterpreneur Award:
Maggie Zhu Shengqin
Cherie Lee

Her Times Youth Award:
Tao Li
Sri Sundani

Her Times Woman of the Year Award:
Lestary Luhur

Duta Besar RI untuk Singapura, Ngurah Swajaya hadir menyampaikan sambutan yang antara lain menyampaikan pesan Presiden RI ke seluruh warga Singapura bahwa pemerintah menjamin keamanan setelah terjadinya aksi terror di Surabaya.

Dubes Ngurah Swajaya juga memberikan apresiasi atas kepercayaan investor dan misi bisnis Indonesia Business Centre (IBC) yang telah berkunjung ke Surabaya dan melakukan pertemuan bisnis pada tanggal 13-15 Mei 2018, beberapa hari setelah aksi terorisme.

"Kunjungan ini merupakan bukti nyata bahwa #KitaTidakTakut dan diharapkan agar investor dan turis Singapura tidak khawatir berkunjung ke Indonesia," katanya dala siaran pers Kamis (17/5/2018).

RISING Women Empowerment Award 2018, merupakan yang kedua sejak pertama kali  diluncurkan tahun lalu bertepatan dengan hari Kartini, pada tanggal 21 April 2017.

Pemberian penghargaan ini dilakukan sebagai upaya untuk mempererat interaksi antar masyarakat kedua negara dan menjadi simbol untuk meneruskan perjuangan Kartini bidang emansipasi, sekaligus memperkuat kemitraan perempuan Indonesia dan Singapura dalam  berkontribusi bagi hubungan bilateral kedua negara.

Penghargaan Women Empowerment Awards diserahkan langsung Dubes Ngurah Swajayabersama Pimpinan Editor Her Times yang mengangkat tema mengenai pemberdayaan perempuan terkait dengan disrupsi teknologi dalam bisnis. Pesan yang disampaikan terkait tema ini bahwa pemberdayaan perempuan juga harus mencakup “literasi digital”, sehingga dalam perkembangan ekonomi digital tidak ada yang tertinggal.

Untuk itu, diharapkan penerima award terus menjadi inspirasi dan mendukung kegiatan pemberdayaan perempuan, khususnya di Indonesia.

Dubes RI Ngurah Swajaya juga mendorong peningkatan investasi, peningkatan ekspor khususnya non-migas dan kunjungan pariwisata. Sebagai catatan, realisasi investasi triwulan pertama 2018 tercatat US$ 2,6 milyar atau naik di atas 20% dibanding periode yg sama tahun 2017, sementara kunjungan pariwisata sampai Maret 2018 tercatat 350,000, atau naik 15 % dibanding periode yang sama 2017. (gan/iin)