Gunung Merapi Semburkan Abu, Warga Diminta Tak Panik


Sleman, PenaOne - Gunung Merapi yang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta mengeluarkan abu vulkanik di Kalitengahlor pukul 18.37 WIB.

Pusdalops menerima informasi dari Kabid Kedaruratan dan Logistik yang telah dihubungi oleh BPPTKG bahwa telah terjadi erupsi freatik pada pukul 17.50 WIB  dengan amplituo 50mm. Informasi dari BPPTKG via twitter @BPPTKG durasi letusan freatik 3 menit.

Dari informasi yang diperoleh Redaksi PenaOne.com Senin (21/5/2019) malam dari BPBD Kabupaten Sleman, arah sebaran abu vulkanik ke tenggara-selatan. Sedangkan status aktifitas merapi tetap normal.

Saat ini, tindakan yang dilakukan diantaranya; memantau situasi dan kondisi wilayah Sleman (Sisi Utara), meluncurkan TRC BPBD Sleman ke Kec. Cangkringan (Umbulharjo dan Glagaharjo), koordinasi dengan bidang logistik untuk persiapan pembagian masker, oordinasi dengan Posko KSM Desa Glagaharjo terkait distribusi masker, barak Gayam standby sewaktu-waktu apabila digunakan.

Hingga pukul 19:00 WIB situasi terkini hujan abu terjadi di Kec. Cangkringan (Glagaharjo, Kepuharjo, Umbulharjo) , Kec. Pakem (Purwobinangun, Hargobinangun, Kaliurang) dan sebagian warga Kalitengah Lor dan Kalitengah Kidul bergeser ke Balai Desa Glagaharjo.

BPBD Sleman menghimbau masyarakat untuk tidak panik dan beraktifitas seperti biasa serta mengantisipasi hujan abu di sekitar Merapi dan menggunakan masker dan kacamata utk antisipasi hujan abu tipis. (tan/gah)