Jabatan KSAL Resmi Diserah Terimakan

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto
Jakarta, PenaOne - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) dari Laksamana TNI Ade Supandi ke Laksamana TNI Siwi Sukma Adji di Mabes AL Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (28/5/2018) pagi.

Sertijab kali ini, diawali dengan barisan Tim Jajar dan Valreep didepan gedung Neptunus, pemutaran Trailer KRI Bima Ruci, KRI Yossoedarso 353 dan KRI dr Soeharso 990, penampilan Orkestra Mabesal memainkan lagu gebyar-gebyar dan Pemutaran Trailer Satgas Lebanon dam Satgas Puter.

Dalam upacara tersebut dimeriahkan juga dengan demontrasi Genderang Seruling Gita Jala Taruna dari Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) serta penampilan puisi dari marinir junior.

Dalam amanatnya Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, pergantian kepemimpinan dalam suatu organissi adalah hal yang wajar. Organisasi TNI AL ini merupakan bagian dari kesatuan TNI.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji diwawancari wartawan usai acara Sertijab di Mabes AL Cilangkap, Senin (28/5/2018).
Selaku Panglima TNI Hadi Tjahjanto berharap, TNI AL turut membantu pemerintah mewujudkan  pembangunan nasional terutama dikawasan timur.

"Sesuai arahan Presiden Joko Widodo pembangunan daerah timur menjadi prioritas. Pergunakan kesatuan TNI AL yang baru dibentuk untuk mensuksekan progam pembangunan itu," kata Panglima TNI.

Selain itu Panglima TNI meminta KSAL baru segera menjabarkan progam kerja yang akan dijalankan kedepan.

"Selesaikan juga masalah internal yang ada dilingkungan TNI AL dengan bijaksana dan profesional. Sehingga TNI AL kedepan bisa melangkah lebih maju tanpa adanya ganguan dari dalam organusasi," demikian TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Pada 23 Mei, Presiden Joko Widodo melantik Laksamana TNI Siwi Sukma Adji sebagai KSAL untuk menggantikan Ade Supandi yang purna tugas pada 1 Juni.

Laksamana TNI Siwi Sukma Adji merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-30 tahun 1985.

KSAL ke-26 itu sebelumnya mengemban jabatan strategis sebagai Komandan Gugus Keamanan Laut Komando Armada RI Wilayah Timur tahun 2011, dan Wakil Asisten Perencanaan Kepala Staf Angkatan Laut (Waasrena Kasal) tahun 2012.

Tahun 2013 Siwi menjabat sebagai Kasarmatim, kemudian menjabat sebagai Panglima Armada RI Wilayah Barat (Pangarmabar) pada 2016 dan pada tahun yang sama menjabat sebagai Asrenum Panglima TNI dan terakhir menjabat sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI sejak 2017.

Siwi telah menerima berbagai tanda jasa seperti Bintang Yudha Dharma Pratama, Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Jalasena Pratama, Bintang Jalasena Nararya, Satya Lencana VIII, Satya Lencana Kesetiaan XVI, dan Satya Lencana Kesetiaan XXIV.

Selain itu, dia memperoleh penghargaan Satya Lencana Kesetiaan XXXII, Satya Lencana Dwidya Sistha, Satya Lencana Kebaktian Sosial, Satya Lencana Wira Karya, Satya Lencana Wira Dharma (perbatasan), Satya Lencana Wira Nusa, Satya Lencana Komandan KRI, Satya Lencana Dharma Nusa dan Satya Lencana Dharma Samudera. (tan/gus)