Kopi Asal Indonesia Makin Merajai Mesir


Cairo, PenaOne - Dr Hassan Haggag, pemilik dan CEO perusahaan kopi Haggag co for Import & Eksport  membuka peresmian kedai ketiga yang dimilikinya. Atase Perdagangan KBRI Cairo mewakili Duta Besar Helmy Fauzy menggunting pita peresmian kedai kopi Bayt El Bonni Brazili, Rumah Kopi Brazil di kawasan Port Said St., jantung kota Cairo.

Haggag juga memiliki kedai kopi di Abbasea, persis di depan gereja koptik terbesar di Afrika, dan satu lagi di Nasr City, disamping Mall Citystar.

Dalam peresmian kedai kopi tersebut hadir pula Sdr Syamsu Alam dan Sdr R. Amir Syarifuddin staf Atase Perdagangan KBRI Cairo, Mr Hassan Fawzy, Ketua Divisi Kopi Kadin Mesir beserta puluhan kolega dan importir Mesir lainnya.

Hassan Haggag menerangkan pihaknya sudah lebih dari 20 tahun bisnis kopi dengan Indonesia, dan kedai Kopi yang dimilikinya Bayt El Bonni Brazili, hanya nama saja Brazil pada hakikatnya kopi yang kami pasarkan untuk warga Mesir adalah kopi Robusta Indonesia, ada 80% peredaran kopi Indonesia di Mesir.

Spesifikasi produk kopi Indonesia, aromanya sangat cocok dilidah orang Mesir, pas sekali untuk suguhan Turkey Coffee, warga Mesir sangat suka dengan kopi robusta. Kita bisa menyaksikan hampir semua kafe-kafe Mesir menggunakan kopi robusta Indonesia.

Tahun 2017 lalu kami tanda tangani transaksi pembelian kopi di Trade Expo Indonesia sebesar USD 30 juta dan target pembelian group kami (Haggag, Hasan Fawzy, Sobhi, Khaled El Nada dll) pada 2018 akan mencapai USD 50 juta .

"Kami mengimpor semua spesifikasi kopi robusta baik grade 1, grade 2, grade 3 dan grade 4. 80% kopi Indonesia di Mesir dan selebihnya dari Brazil, Vietnam dan negara lainnya. Orang Mesir suka kopi Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Atase Perdagangan, Burman Rahman menerangkan dalam laporan Statistik CAPMAS Mesir merilis bahwa Kopi dengan kode HS 0901110000, ekspor kopi Indonesia mencapai USD 55,463 juta meningkat sebesar 28,05% dibanding perolehan ekspor pada 2016 sebesar USD 43,315 dan menguasai pangsa pasar 61,74% dari total impor kopi jenis ini sebesar USD 89,832 juta.

Ditambahkan, selama 5 tahun berturut turut (2013-2017), ekspor Indonesia selalu meraih peringkat nomor satu dengan pesaing Vietnam dengan menguasai USD 20 juta dengan pangsa pasar 19,91%, Brazil menguasai USD 5 juta dengan pangsa pasar 5,31%, Italia dengan menguasai USD 4,9 juta dengan pangsa pasar 4,93% dan India dengan mendominasi USD 3,3 juta dengan pangsa pasar 3,33%.