Moeldoko Kagumi Smart Embassy KBRI Singapura


Singapura, PenaOne - Berkunjung ke KBRI Singapura Kepala Staff Kepresidenan RI, Moeldoko mengapresiasi terobosan pemanfaatan teknologi digital #SmartEmbassy KBRI Singapura untuk perlindungan WNI dan diplomasi ekonomi. Smart Embassy yg juga diapresiasi Presiden RI, Joko Widodo pada pembukaan Raker Kepala Perwakilan RI di Gedung Pancasila, Februari lalu, terus dikembangkan sebagai database KBRI Singapura untuk perlindungan WNI dan diplomasi ekonomi, khususnya untuk meningkatkan kinerja perwakilan meningkatkan ekspor Indonesia melalui pengembangan market place yg diharapkan dapat lebih mudah mempertemukan eksportir dan importir potensial.

Terkait diplomasi ekonomi, khususnya peningkatan ekspor Indonesia, "Indonesia Showcase" di KBRI Singapura yg diluncurkan sejak tahun 2017 dengan menampilkan contoh produk ekspor andalan Indonesia di Gedung KBRI Singapura saat ini telah memiliki katalog digital memuat lebih dari 4 ribu perusahaan Indonesia, termasuk UMKM.

Duta Besar Ngurah Swajaya menjelaskan katalog digital ini terus dulengkapi dengan informasi mengenai perusahaan/eksportir dengan berbagai jenis produknya yg bisa diakses oleh importir dari mancanegara. Katalog digital dan Showcase menjadi perpaduan informasi yg efektif untuk terus memperkenalkan produk ekspor potensial Indonesia yg dikembangkan sesuai arahan Presiden RI melalui Menlu RI untuk terus mendorong ekspor, meningkatkan investasi dan pariwisata. Katalog digital ini bisa dibuka melalui laman
http://smart.indonesianembassy.sg

Sebagai tindak lanjut pengembangan, saat ini juga telah dikembangkan showcase virtual atau marketplace yang dilengkapi fitur e-commerce oleh starts-up Indonesia bernama Glexindo , sebagai salah satu pengembangan #SmartEmbassy, untuk mempermudah mempertemukan ekspirtir dan impirtir sehingga dapat dimanfaatkan mengembangkan kontak menjadi kontrak yang nantinya dapat menyumbang peningkatan ekspor Indonesia ke berbagai negara, termasuk Singapura.

Dubes RI Ngurah Swajaya menjelaskan, Indonesia Showcase" akan terus dikembangkan mencakup promosi pariwisata dan investasi yang terintegrasi serta mudah diakses.

Jend. purn Moeldoko, menggapresiasi terobosan KBRI Singapura khususnya untuk promosi produk ekspor. Beliau menyampaikan kesan bahwa produk ekpor Indonesia akan menjadi dahsyat apabila diperkenalkan dengan menggunakan aplikasi E-Commerce, termasuk untuk produk UMKM.

Lebih lanjut Jend. Purn. Moeldoko, berharap terobosan seperti ini perlu diterapkan di seluruh Perwakilan RI, sehingga memperluas jangkauan untuk memasuki berbagai pasar produk ekspor Indonesia di manca negara. (sas/kbri Singapura)