Suap Lapas, Ketua DPR akan Minta Penjelasan Menkumham

Jakarta, PenaOne - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Komisi III DPR mendorong Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengusut tuntas dan menyeluruh guna mencegah terjadinya suap di Lembaga Pemsayarakatan (LP).

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Kepala Lapas (Kalapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) atas dugaan suap pelaksanaan tugas atau pelayanan di dalam Lembaga Permasyarakatan (Lapas), Jumat (20/7) lalu.

"Meminta Komisi III DPR memanggil Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) untuk meminta penjelasan dan secara serius melakukan evaluasi terhadap rasio jumlah sipir dan memperketat sistem pengawasan di dalam Lapas," ujarnya dalam siaran pers Senin (23/7/2018).

Bamsoet sapaan akrabnya juga meminta Komisi III DPR mendorong Menkumham mendesak Dirjen Permasyarakatan untuk melakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana di seluruh Lapas di Indonesia.

"Hal itu guna mengetahui permasalahan yang terjadi di dalam Lapas seperti Lapas yang tidak sesuai dengan standar atau terjadinya over capacity," jelas Bamsoet. (isk)