1,35 Ton Daging Kurban Dibagikan ke WNI di Mesir

Abdurrahman Sabran
Cairo, PenaOne - Perayaan peringatan Hari Raya Idul Adha 1439H di lingkungan WNI di Mesir berlangsung dengan semarak dan penuh nuansa kekeluargaan. Sekitar 2.000 WNI hadir dalam Silaturahmi Akbar Idul Adha 1439H yang kemarin (21/8) digelar oleh KBRI Cairo bekerja sama dengan Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir di Masjid As Salam, kawasan Nasr City, Cairo. 

"Hari ini kita berkumpul bersama-sama disini, dan ini merupakan perwujudan semangat kekeluargaan kita dalam merayakan Idul Adha," ujar Abdurrahman Sabran, Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Cairo, dalam sambutannya. 

Disamping bersilaturahim, acara kemarin juga diisi dengan aneka hiburan dan pembagian doorprize. Nuansa kebhinekaan juga terasa ketika para hadirin  berkesempatan menyantap aneka hidangan khas daerah yang disiapkan oleh 17 Paguyuban Kekeluargaan Mahasiswa Indonesia di Mesir. 

"Mudah-mudahan nuansa persaudaraan kita sebagai masyarakat Indonesia terus terjaga, meskipun jauh dari tanah air," imbuh Sabran. 

Selain acara Silaturahmi Akbar, kegiatan perayaan Hari Raya Idul Adha 1439H kemarin juga diisi dengan shalat Idul Adha berjamaah serta pemotongan hewan kurban yang bertempat di Masjid Indonesia Cairo (MIC), di kawasan Dokki. 

Pemotongan hewan kurban tahun ini mencetak rekor terbesar dalam lima tahun terakhir, dengan total jumlah daging kurban seberat 1,35 ton yang berasal dari 6 ekor sapi dan 5 ekor domba. 

"Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para mudhohi (penyumbang hewan kurban), sehingga tahun ini jumlah kurban yang terkumpul lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," ujar Usman Syihab, Ketua Panitia Peringatan Hari Raya Idul Adha 1439H KBRI Cairo.

Kegiatan penyembelihan berlangsung sejak pukul 07.00 waktu setempat, seusai shalat Idul Adha berjamaah, dan dapat diselesaikan pada pukul 15.00 waktu setempat. Seluruh daging kurban selesai didistribusikan kepada para WNI di Mesir sekitar pukul 17.00 waktu setempat. Cepatnya waktu penyembelihan dan pendistribusian daging tak lepas dari kerja sama yang erat antara panitia dari KBRI Cairo, PPMI Mesir, serta 17 Paguyuban Kekeluargaan Mahasiswa. 

"Alhamdulillah, ini merupakan kerja sama yang sangat baik, sehingga daging kurban dapat diterima oleh para WNI dalam keadaan masih cukup segar. Sekali lagi terima kasih atas dukungan seluruh panitia serta rekan-rekan dari PPMI dan Kekeluargaan. Kami mengharapkan agar pelaksanaan dengan kerja sama yang baik seperti ini dapat terus ada pada tahun-tahun mendatang," tambah Usman, yang juga merupakan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Cairo. (sus)